Selasa 29 Nov 2022 16:44 WIB

Prediksi Pertandingan Belanda Vs Qatar

Pemain andalan di lini serang Belanda, Memphis Depay, sudah bisa dimainkan.

Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal (kanan) dan para pemainnya.
Foto: AP/Martin Meissner
Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal (kanan) dan para pemainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, tersisih cepat dari turnamen ini dan pada akhir perjalanannya pun masih harus menghadapi tim kuat Belanda di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam, yang kemungkinan kian memperpuruk posisi Qatar. Tuan rumah tampil sangat mengecewakan sekalipun sudah bersiap selama bertahun-tahun.

Qatar menjadi negara pertama yang tersingkir dari turnamen ini atau kurang dari satu pekan sejak turnamen ini kickoff. Pertama menyerah 0-2 kepada Ekuador dan kemudian 1-3 kepada Senegal akhir pekan lalu. Juara Piala Asia itu terlihat canggung sekali tampil di panggung Piala Dunia.

Baca Juga

Pelatih Belanda Louis Van Gaal kali ini mungkin lebih bergembira setelah pemain andalan di lini serang, Memphis Depay, sudah bisa dimainkan sejak menit pertama dalam laga melawan tim paling lemah di Grup A yang sudah dua kali kalah sehingga tersisih dari turnamen ini.

Tetapi Van Gaal tetap merasa perlu memberikan sinyal kepada siapa pun bahwa tim serang mereka patut diperhitungkan oleh siapa pun yang menjadi lawan Belanda setelah dalam dua laga terakhir kelihatan kesulitan tampil cemerlang.

Depay sudah dua kali tampil dari bangku cadangan tetapi kini striker Barcelona itu bisa masuk sebagai starter. Ia akan bermitra bersama Cody Gakpo yang sudah mencetak dua gol di Qatar dan Steven Bergwijn untuk meneror pertahanan Qatar yang sudah kebobolan lima gol.

Di lini belakang, Jurrien Timber akan kembali berharap lebih bisa dipilih sebagai starter ketimbang Matthijs de Ligt. Itu artinya, Timber akan kembali membangun trio hulubalang pertahanan Belanda bersama Van Dijk dan Nathan Ake untuk memastikan kiper Andries Noppert tak tersentuh penyerang-penyerang Qatar.

Qatar untuk menghadapi tim seofensif Belanda, juga memasang tiga bek tengah namun karena kemenangan menjadi penghapus nestapa, maka tim Arab Teluk ini bakal memasang dua penyerang dalam formasi 3-5-2. Trio pertahanan terdiri dari Pedro Miguel, Boualem Khoukhi, dan Abdelkarim Hassan akan kembali berada tepat di depan penjaga gawang Meshaal Barsham.

Dua bek sayap terdiri dari Ismail Mohammad dan Homam Ahmed akan sejajar dengan trio gelandang Abdelkarim Hatem, Assim Madibo, dan Hassan Al-Haydos, untuk menjadi penyangga pertahanan dan sekaligus memastikan Almoes Ali dan Mohammed Muntari mendapatkan ruang dan bola untuk menguji dan jika memungkinkan menjebol pertahanan Belanda.

Setelah tampil menawan dalam pertandingan sebelumnya, Muntari tidak akan lagi masuk dari bangku cadangan, melainkan bermain sebagai salah satu starter bersama Almoez Ali. Mereka dan kapten Hassan Al-Haydos yang sudah menyumbangkan 36 gol untuk Qatar, akan menjadi faktor bahwa Qatar bisa menutup kampanyenya dalam Piala Dunia dengan hasil positif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement