Selasa 29 Nov 2022 13:03 WIB

Korban Gempa Cianjur Dapat Bantuan Hunian Sementara

Para korban gempa Cianjur akan menempati Huntara Jannati setidaknya selama setahun.

Dewa Eka Prayoya Foundation (DeEP-F) menginisiasi pembangunan Hunian Sementara Rasa Layanan Surgawi (Huntara Jannati) bagi warga korban gempa Cianjur.
Foto: Istimewa
Dewa Eka Prayoya Foundation (DeEP-F) menginisiasi pembangunan Hunian Sementara Rasa Layanan Surgawi (Huntara Jannati) bagi warga korban gempa Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Korban gempa Cianjur banyak yang kehilangan tempat tinggal karena hancur. Melihat kondisi ini, Dewa Eka Prayoya Foundation (DeEP-F) menginisiasi pembangunan Hunian Sementara Rasa Layanan Surgawi (Huntara Jannati) bagi warga terdampak gempa dahsyat yang mengguncang Kabupaten Cianjur. 

Founder DeEP-F, Rendy Saputra, melalui Huntara Jannati, para korban gempa Cianjur tidak hanya mendapat hunian sementara, melainkan juga berbagai fasilitas lainnya. Yakni, mulai makanan siap saji, bimbingan keimanan, bahkan hingga bantuan pemberdayaan ekonomi agar mereka kembali pulih seperti sedia kala. 

Baca Juga

Rendy menjelaskan, dua unit Huntara Jannati yang merupakan hasil kerja sama DeEP-F bersama Muhsinin Club dan Selamatkan Indonesia dengan Alquran (SIDAQ) Solidarity itu kini mulai berdiri di Kavling Madani Asri I (Babakan Gasol), Cugenang, Kabupaten Cianjur yang telah diresmikan.

Rendy Saputra mengatakan, Huntara Jannati merupakan program bantuan DeEP-F bagi korban gempa Cianjur secara holistik. Jadi, melalui Huntara Jannati, para korban tidak sebatas hanya mendapatkan hunian sementara. 

"Di Huntara ini ada empat fasilitas besar yang kami berikan. Ada hunian, makanan, penguatan keimanan, hingga keilmuan dakwah serta pemberdayaan ekonomi sebagai wujud recovery korban gempa Cianjur," ujar Rendy dalam siaran persnya, Selasa (29/11).

Menurut Rendy, para korban gempa Cianjur akan menempati Huntara Jannati setidaknya selama satu tahun. Selama setahun, mereka akan mendapatkan empat fasilitas besar tadi hingga mampu kembali hidup mandiri dan menata kehidupannya. 

Menurut Rendy, karena bakal ditinggali cukup lama, Huntara Jannati juga dibangun secara permanen menggunakan material yang relatif tahan terhadap gempa susulan seperti penggunaan baja ringan dan papan GRC untuk dindingnya. 

"Tanahnya juga kami plester serta atapnya memakai spandek. Sehingga dari sisi kesehatan pun, insya Allah Huntara Jannati menjadi hunian yang sehat," katanya. 

Nantinya, kata Rendy, setiap pengungsi yang akan tinggal di Huntara Jannati akan diverifikasi dan mendapatkan kartu. Lewat kartu tersebut, tim pemberdayaan kemudian akan melakukan verifikasi dalam upaya pemulihan ekonomi.

Sementara menurut perwakilan Muhsinin Club, Muhammad Catur Gunandi, pihaknya senang bisa berkolaborasi dengan DeEP-F dalam membantu korban gempa Cianjur. Terlebih, pihaknya memang memilih program bantuan jangka panjang dan tidak hanya hit and run.

"Terkait dengan transparansi, yang kami senangi di sini kaidahnya kepedulian bukan berapa besarnya. Saya yakin semua mampu, tapi diajari kepeduliannya. Itu yang memotivasi kami untuk terus bersama-sama dengan DeEP Foundation, setiap program-programnya insya Allah kita dukung," kata Catur.

Karenannya, kata Catur, Muhsinin Club yang beranggotakan sekitar 106 pengusaha muslim ini juga mengajak para donatur yang ingin membantu korban gempa Cianjur dan masih ragu menyalurkannya, bisa menitipkannya ke DeEP-F.

"DeEP Foundation ini adalah satu entitas yang bisa kita percaya, amanah dan semoga Allah selalu menjaga," katanya.

Korlap SIDAQ Solidarity, Ibrahim Wahid menambahkan, sebagai pengusung gerakan sedekah untuk 25 tahfidz Alquran di seluruh Indonesia, pihaknya sangat mendukung hadirnya Huntara Jannati yang digagas DeEP-F. 

"Tentunya para donatur SIDAQ juga senang dengan wakaf ini karena pahalanya terus mengalir," kata brahim yang mengaku telah menyosialisasilan Huntara Jannati pada donatur-donatur SIDAQ di seluruh Indonesia. 

Menurut Ibrahim, dalam kolaborasi dengan DeEP-F ini, pihaknya lebih banyak melakukan afiliasi program untuk mendekatkan para penghuni Huntara Jannati dengan Alquran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement