Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Mustahik Binaan Baznas Berhasil Panen Raya Pepaya California di Serang

Senin 28 Nov 2022 14:50 WIB

Red: Christiyaningsih

Kelompok mustahik binaan Baznas yang tergabung dalam Kelompok Tani Ranca Layung Program Lumbung Pangan Baznas di Kabupaten Serang, Banten berhasil melakukan panen perdana pepaya california.

Kelompok mustahik binaan Baznas yang tergabung dalam Kelompok Tani Ranca Layung Program Lumbung Pangan Baznas di Kabupaten Serang, Banten berhasil melakukan panen perdana pepaya california.

Foto: Baznas
Panen raya pepaya california ini adalah hasil kerja keras Kelompok Tani Ranca Layung

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Kelompok mustahik binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang tergabung dalam Kelompok Tani Ranca Layung Program Lumbung Pangan Baznas di Kabupaten Serang, Banten berhasil melakukan panen perdana pepaya california. Panen raya ini adalah hasil kerja keras dari Kelompok Tani Ranca Layung, dengan perkiraan sekitar lebih dari 2,5 ton pada akhir bulan November 2022, di lahan pertanian Desa Sindangsari, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten.

Lumbung pangan adalah program pemberdayaan ekonomi mustahik perdesaan di bidang pertanian melalui pendekatan agribisnis berkelanjutan. Salah satu bentuk program tersebut adalah pertanian komoditas pepaya california. Program ini sudah berjalan sejak awal 2022 dengan jumlah mustahik binaan saat ini sebanyak 24 orang yang terbentuk dalam Kelompok Tani Ranca Layung di wilayah Kabupaten Serang, Banten.

Baca Juga

"Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi kita semua karena hasil kerja keras yang selama ini dilakukan para mustahik binaan Baznas akhirnya membuahkan hasil. Selain itu, ini juga menjadi bukti bahwa mustahik binaan Baznas memegang teguh komitmen untuk bangkit demi menuju perekonomian yang lebih baik," kata Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Agus Siswanto di Serang, Banten, Senin (28/11/2022). 

Agus menambahkan, Baznas sangat mengapresiasi capaian yang diraih para mustahik yang telah berkomitmen kuat untuk bangkit dari sisi ekonomi, dengan disiplin menjalankan program yang digagas Baznas. "Mereka menjaga kepercayaan para muzaki yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membangkitkan perekonomian demi mencapai kemandirian ekonomi. Satu hal yang patut kita syukuri adalah program produktif yang digagas Baznas perlahan telah terlihat manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan. Alhamdulillah," kata Agus. 

Bantuan modal dan pendampingan yang diberikan Baznas melalui beragam program produktifnya diharapkan terus berjalan dengan maksimal, sehingga semakin banyak yang terbantu dan mendapat manfaat. "Terima kasih kepada para muzaki dan berbagai pihak yang telah memberikan sebagian hartanya untuk membantu sesama. Semoga keberkahan selalui menyertai kita semua," pungkasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA