Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Tim SAR Babel Evakuasi 17 Serpihan Helikopter Milik Polri

Senin 28 Nov 2022 14:49 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi Helikopter Jatuh

Ilustrasi Helikopter Jatuh

Foto: Foto : MgRol_93
Serpihan helikopter ini tidak hanya ditemukan oleh tim SAR, tetapi juga oleh nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Tim SAR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengevakuasi 17 serpihan kecelakaan helikopter lost contact jenis BO-105 nomor register P-1103 milik Polri. Kecelakaan terjadi di Perairan Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahad (27/11/2022).

"Saat ini serpihan-serpihan helikopter naas ini sudah dikumpulkan dan didata di posko," kata Kepala Basarnas Provinsi Kepulauan Babel I Made Oka Astawa di Manggar, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan serpihan helikopter milik Polri yang jatuh di Perairan Belitung Timur itu yang berhasil ditemukan di antaranya tangki cadangan bahan bakar minyak (BBM), kursi jok penumpang, tas ransel korban dan lainnya dengan total serpihan sebanyak 17 unit. "Serpihan helikopter ini tidak hanya ditemukan oleh tim SAR, tetapi juga dari nelayan yang melaut di sekitar lokasi jatuhnya helikopter tersebut," ungkapnya.

Ia menyatakan serpihan ini tidak jauh dari ditemukan satu korban helikopter Bripda Muhammad Khoirul Anam (teknisi) yang ditemukan di Pantai Burung Mandi Manggar, Belitung Timur pada Senin (28/11) pukul 08.17 WIB. "Dengan luas area pencarian 68 Nautical Mile, selanjutnya apabila korban ditemukan akan dievakuasi menggunakan rubber boat dan dievakuasi ke RSUD Belitung Timur," tuturnya.

Kabid Humas Polda Kepulauan Babel Kombes Maladi mengimbau nakhoda kapal dan nelayan yang melintas di titik diduga lokasi jatuhnya helikopter ini ikut mengawasi dan melapor jika menemukan korban atau puing-puing helikopter ini ke posko-posko keamanan terdekat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seorang nelayan Belitung Timur yang melaporkan penemuan puing helikopter ini ke kepolisian Manggar Belitung Timur, dan ini sangat membantu tim SAR dalam mengoptimalkan pencarian korban dan bangkai helikopter naas ini," ujarnya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA