Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Menpora RI Tutup Pomnas Ke-17, DKI Jakarta Juara Umum

Ahad 27 Nov 2022 19:57 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memberikan keterangan kepada awak media.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memberikan keterangan kepada awak media.

Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
Pomnas menjadi salah satu ajang mempersiapkan atlet-atlet elite nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali secara resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022 Sumatra Barat (Sumbar), di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), di Padang, Sabtu (26/11/2022). Pomnas XVII 2022 menghasilkan kontingen DKI Jakarta sebagai juara umum dengan menyabet 115 medali.

Peringkat kedua dan ketiga menjadi milik Jawa Tengah dengan 89 medali dan Jawa Timur 72 medali. Diikuti di posisi keempat Jawa Barat dengan 61 medali dan Sumatra Barat di urutan kelima dengan raihan 36 medali, terdiri dari 14 emas, 8 perak, dan 14 perunggu

Baca Juga

"Selamat kepada Sumbar yang sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, pelaksanaan Pomnas yang ke-17 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, secara resmi ditutup," kata Zainudin.

Zainudin menyebut Pomnas menjadi salah satu ajang mempersiapkan atlet-atlet elite nasional dalam upaya mencapai target Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ia menyinggung soal potensi olahraga Indonesia sangat besar yang juga berpotensi menunjang ekonomi dan pariwisata daerah.

"Kita harus mendorong olahraga tak hanya untuk prestasi tapi juga ekonomi. Sport industri dan sport tourism saat ini jadi sumber devisa dan pemasukan berbagai negara maju. Potensi kita di tanah air sangat besar, hanya belum tergali secara maksimal," ujar Menpora.

Pomnas sudah berlangsung selama 10 hari, digelar mulai tanggal 17 sampai 26 November tahun 2022. Adapun event Pomnas XVII di Sumbar ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu atletik, bola basket, bola voli, futsal, pencak silat, petanque, tarung derajat, tenis, renang, dan sepak takraw. Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP.

Sementara cabor taekwondo dan karate dilakukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Sedangkan untuk cabor bulu tangkis dan panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA