Ahad 27 Nov 2022 17:34 WIB

Puluhan Kepala Sekolah se-Madiun Rasakan Manfaat Ikut Pelatihan Suprarasional

RHS menyampaikan materi cara meningkatkan keikhlasan untuk memajukan sekolah

Pelatihan Suprarasional Premium Class yang diselenggarakan oleh Klub MIPA Seikhlasnya Kota Madiun.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Pelatihan Suprarasional Premium Class yang diselenggarakan oleh Klub MIPA Seikhlasnya Kota Madiun.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pendidikan merupakan sektor yang paling penting dalam mempersiapkan Indonesia untuk menjadi negara maju di masa mendatang. Dalam mewujudkan impian tersebut, tentu dibutuhkan kerja sama antarpemerhati pendidikan maupun tenaga pendidik.

Namun, menjalani profesi sebagai tenaga pendidik bukanlah perkara mudah. Selain memiliki ilmu pengetahuan, para tenaga pendidik juga harus memiliki ilmu ikhlas. Sebagai tokoh pemerhati yang telah terjun puluhan tahun di dunia pendidikan, Dr Raden Ridwan Hasan Saputra, yang dikenal sebagai inspirator suprarasional selalu menerapkan ilmu ikhlas dalam mengemban tugasnya.

Baca Juga

Kini, Raden Ridwan Hasan Saputra, berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia bersama dengan instansi-instansi pendidikan. Salah satu bukti nyata yang telah dilakukan yaitu pada Jumat (25/11//2022) Ridwan hadir di tengah-tengah kegiatan Pelatihan Suprarasional Premium Class yang diselenggarakan oleh Klub MIPA Seikhlasnya Kota Madiun.

Dalam kegiatan ini, Ridwan menyampaikan sejumlah materi menarik, salah satunya mengenai “Cara Meningkatkan Keikhlasan untuk Memimpin dan Memajukan Sekolah”.

Muhamad Ihsan, S.M. selaku Manajer Pelatihan KPM Pusat, mengungkapkan bahwa selama acara berlangsung para peserta yang terdiri dari puluhan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah se-Kota Madiun sangat antusias menyimak materi yang disampaikan Ridwan. Bahkan, tak sedikit peserta yang kagum dengan kepribadian Ridwan.

“Setelah mengikuti seminar ini, saya jadi lebih mengenal Pak Ridwan ternyata sosok yang sangat religius dan memiliki keikhlasan karena apapun yang dikerjakan beliau, semua dipasrahkan kepada Allah,” ungkap Drs. Edy Purwanto, M.Pd.I. selaku Kepala Sekolah MIN 2 Kota Madiun.

“Dengan adanya seminar ini, banyak hikmah yang bisa diambil. Salah satu poin menarik yang disampaikan Pak Ridwan bahwa sebagai umat Allah kita perlu meningkatkan ibadah sehingga nantinya segala pekerjaan pun akan dimudahkan, termasuk dalam memimpin dan memajukan sekolah,” lanjut Edy.

Tak hanya Edy, Agung Zen Riyadi, S.Pd.I., juga merasakan manfaat yang menakjubkan setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Suprarasional Premium Class. “Acara Suprarasional Premium Class ini sangat menarik dan menyentuh. Kegiatan ini benar-benar menyatukan kami untuk memiliki tujuan atau visi misi yang sama sebagai kepala sekolah dan guru,” ucap Agung.

Di akhir wawancara, Agung mengungkapkan harapan besarnya untuk bisa mengundang dan menjalin kerja sama dengan Ridwan agar semakin banyak guru yang mengubah pandangannya menjadi lebih positif dalam menyikapi segala permasalahan di dunia pendidikan.

“Saya sangat berharap Pak Ridwan bisa silaturahmi ke lingkup PERGUNU (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama). Nantinya dengan adanya motivasi dari Pak Ridwan, semakin banyak guru yang memiliki pandangan positif dalam menyelesaikan permasalahan saat ini,” kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement