Ahad 27 Nov 2022 13:55 WIB

Akses Jalur Wisata Maribaya Lembang Ditutup Sementara Akibat Longsor

Tim relawan tengah melakukan evakuasi agar jalan terbebas dari material longsor.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Tanah longsor ditutup menggunakan terpal (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tanah longsor ditutup menggunakan terpal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Akses jalur wisata di Jalan Maribaya Timur, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (27/11/2022) ditutup sementara akibat longsor. Material tanah pada tebing di sisi jalan berjatuhan ke jalan dan menutup akses. "Tutup total (akses jalan)," ujar salah seorang warga Depi Gunawan saat dikonfirmasi, Ahad (27/11/2022).

Saat ini, ia mengatakan kondisi cuaca di Jalan Maribaya hujan. Tim relawan, BPBD dan masyarakat dan kepolisian tengah melakukan evakuasi agar jalan terbebas dari material longsor. "(Kendaraan) nggak bisa melintas soalnya di lokasi hujan," katanya.

Baca Juga

Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya mengatakan jalur wisata yang terkena material longsor menghubungkan beberapa desa dan tempat wisata. Oleh karena itu, longsor yang terjadi menyebabkan akses arus lalu lintas menjadi terhambat.

"Kami bersama aparat Polsek Lembang, TNI dan BPBD sudah berkoordinasi menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan," ujarnya, Ahad (27/11/2022).

Sementara ini karena jalur utama tidak bisa dilintasi, ia mengatakan masyarakat dapat mengakses jalur alternatif. Namun, jalan tersebut relatif lebih kecil dibandingkan jalan utama.

Dindin mengimbau masyarakat untuk tidak memaksa melintas jalur yang terkena longsor. Hal itu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti longsor susulan. "Warga harap bersabar menunggu evakuasi selesai," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement