Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Lima Virus Corona Baru pada Kelelawar Berpotensi Menjangkiti Manusia

Ahad 27 Nov 2022 12:02 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Kelelawar buah yang terinfeksi menjadi salah satu penyebab penyebaran virus Nipah. Peneliti menemukan virus baru pada yang bisa menjangkiti manusia.

Kelelawar buah yang terinfeksi menjadi salah satu penyebab penyebaran virus Nipah. Peneliti menemukan virus baru pada yang bisa menjangkiti manusia.

Foto: EPA
Ada satu virus mirip penyebab Covid-19 yang dapat menyebar ke manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian terkini mengidentifikasi jenis virus corona baru pada kelelawar di China selatan yang bisa menular ke manusia. Para ilmuwan dalam studi yang sama menemukan lima virus lain yang berpotensi memicu penyakit pada manusia dan hewan.

Tim peneliti dari China dan Australia yang tergabung dalam studi itu mengambil sampel dari 149 kelelawar di China. Satu virus baru mirip virus penyebab Covid-19 disinyalir dapat menular ke manusia.

Baca Juga

photo
NeoCov, viru corona baru yang ditemukan pada kelelawar. - (Republika)

Penelitian menunjukkan gelombang baru infeksi mematikan bisa terjadi. Covid-19 kini telah beredar selama lebih dari dua tahun secara global dan banyak orang mulai belajar untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut. Perkembangan baru menambah semakin banyak bukti bahwa sarbecovirus (anggota keluarga virus corona) tersebar luas di Asia dan Eropa Timur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA