Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Menteri Luar Negeri Belarusia Meninggal Mendadak

Ahad 27 Nov 2022 10:03 WIB

Rep: Fergi Nadirab/ Red: Ilham Tirta

Meninggal (ilustrasi).

Meninggal (ilustrasi).

Foto: Immortal.org/ca
Kemenlu belum memberikan rincian penyebab kematian Vladimir Makei.

REPUBLIKA.CO.ID, MINSK -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Belarusia, Vladimir Makei, meninggal pada usia 64 tahun. Pengumuman ini dilayangkan oleh kementerian luar negeri negara tersebut pada Sabtu (26/11/2022), waktu setempat.

"Vladimir Makei, Menteri Luar Negeri Republik Belarus, meninggal mendadak hari ini," kata Kementerian Luar Negeri Belarusia dalam akun Facebook resminya seperti dikutip laman CNN International, Ahad (27/11/2022).

Baca Juga

Kemenlu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penyebab ataupun keadaan seputar kematian menteri luar negeri. Makei lahir pada 1958 di wilayah Belarusia Grodno. Dia telah menjabat sebagai menlu sejak Agustus 2012.

Makei dijadwalkan bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov pada Senin (28/11/2022). Menurut situs web resmi kepresidenan Belarus, Presiden Belarus Alexander Lukashenko pada Sabtu menyatakan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Makei.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga menyatakan keterkejutannya atas wafatnya Menlu Makei. "Sebagai kepala Kementerian Luar Negeri, dia memberikan kontribusi besar untuk penguatan lebih lanjut hubungan Rusia-Belarusia,” kata Kemenlu Rusia.

"Menjadi seorang profesional yang mapan dan patriot yang tulus dari negaranya, dia dengan tegas dan efektif membela kepentingan Republik Belarus di platform internasional," lanjut Kemenlu Rusia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA