Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Puluhan Kepala Sekolah se-Kabupaten Sukoharjo akan Terapkan Amanat Usai Ikuti Pelatihan

Ahad 27 Nov 2022 09:14 WIB

Red: Gita Amanda

BKKSM SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo bersama Klinik Pendidikan MIPA menggelar Pelatihan Suprarasional bertajuk “Cara Meningkatkan Keikhlasan untuk Memimpin dan Memajukan Sekolah”.

BKKSM SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo bersama Klinik Pendidikan MIPA menggelar Pelatihan Suprarasional bertajuk “Cara Meningkatkan Keikhlasan untuk Memimpin dan Memajukan Sekolah”.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Sekolah merupakan ujung tombak terlaksananya proses pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Sekolah merupakan ujung tombak terlaksananya proses pendidikan. Di sekolah, para calon penerus bangsa akan mendapatkan berbagai ilmu agar nantinya dapat menjadi pribadi-pribadi unggul yang cerdas dan berkarakter.

Demi terwujudnya siswa dan sekolah yang unggul maupun berkarakter, para pemerhati pendidikan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik di Indonesia. Upaya ini juga turut dilakukan oleh Badan Koordinasi Kepala Sekolah Muhammadiyah (BKKSM) SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo. 

Dalam rangka mendukung para tenaga pendidik untuk memimpin dan memajukan sekolah, BKKSM SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo bersama Klinik Pendidikan MIPA menggelar Pelatihan Suprarasional bertajuk “Cara Meningkatkan Keikhlasan untuk Memimpin dan Memajukan Sekolah”.

Kegiatan yang diselenggarakan, pada Kamis (24/11/2022), ini diikuti oleh puluhan Kepala Sekolah MI/SD Muhammadiyah se-Kabupaten Sukoharjo. Menariknya dalam kegiatan ini, Dr Raden Ridwan Hasan Saputra secara hormat ditunjuk oleh (BKKSM) SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo untuk menjadi motivator suprarasional.

Penunjukan Dr Raden Ridwan Hasan Saputra ini bukan tanpa alasan. Sebab, sudah puluhan tahun Ridwan terjun dan berkiprah di dunia pendidikan hingga dikenal sebagai sosok yang sukses membawa perubahan-perubahan positif.

“Diundangnya Pak Ridwan untuk menjadi motivator dalam kegiatan ini karena saya ingin para Guru dan Kepala Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Sukoharjo  mempunyai jiwa ikhlas dan semangat yang tinggi dalam mengembangkan Sekolah Muhammadiyah,” ucap Heru Nugroho, Kepala Sekolah SDIT Al-Kautsar Sukoharjo sekaligus selaku Ketua (BKKSM) SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kegiatan ini, Ridwan menyampaikan sejumlah materi yang terdiri dari “Cara Berbeda Mencapai Kebahagian Hidup” dan “Cara Bahagia Dunia dan Akhirat”. 

Menurut pengakuan Muhamad Ihsan, selaku Manajer Pelatihan KPM Pusat, terlihat para peserta berdecak kagum selama Ridwan menyampaikan materi. Hal ini pun diakui oleh salah seorang peserta, Supadi, Kepala SD Muhammadiyah Palur Kabupaten Sukoharjo.

“MasyaAllah apa yang disampaikan Pak Ridwan sangat merasuk ke hati dan mengubah sudut pandang saya secara pribadi untuk menjadi lebih baik. InsyaAllah saya akan menjalankan pesan-pesan positif yang disampaikan oleh Pak Ridwan,” ucap Supadi dalam siaran pers, Ahad (26/11/2022).

Manfaat kegiatan ini pun turut dirasakan Vitria Nurul Hidayah, S.Pd.I. yang merasa bahwa kegiatan ini benar-benar menampar jiwanya. Hal ini karena ilmu yang disampaikan Ridwan baru pertama kali Ia dapatkan.

Di akhir acara, Drs. Sugiyarto, M.Pd. selaku Ketua Majelis Dikdasmen PDM Sukoharjo, mengungkapkan keinginannya agar pelatihan suprarasional seperti ini dapat dilaksanakan minimal 2 kali dalam setahun agar guru dan kepala sekolah mempunyai kompetensi kepemimpinan dan spiritual untuk membina para calon penerus bangsa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA