Ahad , 27 Nov 2022, 04:13 WIB

Bungkam Meksiko 2-0, Argentina Jaga Asa di Piala Dunia 2022

Rep: Rizky Suryarandika / Red: Ratna Puspita
Enzo Fernandez (kiri) dari Argentina merayakan dengan rekan setimnya Lionel Messi setelah mencetak gol kedua. Argentina menang 2-0 atas Meksiko pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, 26 November 2022.
Foto EPA-EFE/Friedemann Vogel

Enzo Fernandez (kiri) dari Argentina merayakan dengan rekan setimnya Lionel Messi setelah mencetak gol kedua. Argentina menang 2-0 atas Meksiko pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, 26 November 2022.

Gol Lionel Messi dan Enzo Fernandez menyelamatkan Argentina di Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Gol Lionel Messi dan Enzo Fernandez ketika menghadapi Meksiko pada Ahad (27/11/2022) dini hari WIB menyelamatkan wajah Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Gol itu membuat tim Tango setidaknya punya tiga poin di grup C sekaligus menjaga asa lolos ke babak penyisihan. 

Sepanjang 10 menit babak pertama, Argentina dan Meksiko masih saling coba mengenal permainan masing-masing. Satu peluang emas dimiliki Meksiko lewat Cesar Montes saat mendapat bola dari set piece dan melepaskan sebuah tembakan akurat dari dalam area penalti, tapi sayang melenceng ke kanan gawang. 

Baca Juga

Pada menit ke-20, wasit Daniele Orsato menyaksikan proses jatuhnya Nicolas Otamendi karena tekel keras Nestor Araujo. Nestor nyaris membuat Meksiko main dengan 10 pemain dari pelanggaran keras itu. Namun, wasit hanya mengganjarnya dengan kartu kuning.

Laga berjalan keras. Kedua tim sama-sama tegang untuk merebut kemenangan. Sebab, laga ini penting bagi kedua tim demi mengamankan tempat di Grup C. Pada menit ke-28, Marcos Acuna menjegal pemain Meksiko dengan keras. Namun, pelanggaran itu tak berbuah kartu kuning bagi Acuna. 

Sampai dengan menit ke-30, Lionel Messi nampak sulit berkutik. Messi belum mampu menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu pesepak bola paling buas di depan gawang. Alhasil, peluang Argentina termasuk dari pemain lain mayoritas gagal menimbulkan ketakutan berarti bagi Meksiko. 

Tendangan Messi dari bola mati pada menit ke-33 juga bisa diamankan dengan mudah oleh Guillermo Ochoa. Beberapa saat kemudian, Lisandro Martinez yang terlanjur geregetan justru membuat pelanggaran karena tekel kerasnya. 

Rodrigo de Paul coba meliuk-liuk di lini belakang Meksiko pada menit ke-39, tapi manuvernya tak maksimal hingga harus kehilangan bola. Semenit berselang, giliran 

Gonzalo Montiel yang mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti, hanya saja bek El Tri tegas menghalaunya.

Laga berjalan makin keras. Pelatih Meksiko Gerardo Martino diharuskan memasukkan Erick Gutierrez di menit ke-42 mengganti Andres Guardado yang menderita cedera. 

Jelang turun minum, Meksiko dapat kesempatan emas berkat hadiah tendangan bebas dekat kotak penalti akibat pelanggaran Montiel. Tendangan bebas Alexis Vega sebenarnya sudah luar biasa akurat mengarah ke gawang Argentina.

Namun, gawang tim tango dijaga Emiliano Martinez yang tangannya lengket menangkap bola. 

Dengan demikian, tak ada gol tercipta sampai peluit akhir babak pertama berbunyi.

Babak kedua diawali dengan peluang Meksiko lewat Hirving Lozano yang melepaskan tembakan dari jarak jauh, tetapi tembakannya sukses diblokir Martinez. Argentina pun tak berhenti menggempur Meksiko.

Di menit ke 52, Messi hampir mencatatkan nama di papan skor lewat tendangan bebas dari pinggir area penalti. Namun, Bola melenting jauh di atas  gawang.

Messi akhirnya berhasil memecah kebuntuan Argentina di menit ke-64. Gol ini bermula dari operan terarah Di Maria kepada Messi di dekat kotak penalti.

Messi tak menyiakannya dengan melepaskan tembakan keras tanpa ampun. Ochoa hanya bisa terpana menyaksikan bola meluncur deras menembus penjagaannya. Gol ini membuat stadion riuh oleh sorakan bahagia fans tim asuhan Lionel Scaloni. 

Nahuel Molina berkesempatan menggandakan keunggulan tim Tango di menit ke-70, tetapi tendangan volinya justru mengarah ke tribun penonton. Messi punya kesempatan serupa berkah serangan balik, namun tendangannya yang dilakukan sambil terjatuh bisa dimentahkan Ochoa. 

Meksiko bukan berdiam diri saja selama tertinggal dari Argentina. Lini tempur Meksiko tetap coba menyerang berkali-kali. Walau demikian, usaha itu selalu berujung sia-sia. Belum ada serangan berarti yang mengancam gawang Martinez. Termasuk di menit ke-85, saat Luis Chavez mengumpan dari corner kick, bola justru mudah dibuang Argentina. 

Kemenangan Argentina makin dipastikan di menit ke-87. Messi mengoper kepada Enzo Fernandez setelah bermain di pinggir lapangan. Fernandez berkelit dari beberapa bek lawan untuk mengirim bola menuju mimpi buruk Meksiko. Tangan Ochoa pun tak sanggup menggapai bola hasil tendangan Fernandez. 

Setelah ketinggalan dua gol, Meksiko coba memainkan bola dengan operan satu dua.  Tapi tak ada lagi gol tercipta hingga peluit akhir ditiup wasit. Akibat kekalahan ini, Meksiko mesti angkat koper lebih dulu dari Piala Dunia 2022. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
argentina meksiko argentina vs meksiko lionel messi enzo fernandez
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya