Ahad 27 Nov 2022 03:05 WIB

Babak Pertama Argetina vs Meksiko: 0-0

Kedua tim sama-sama tegang untuk merebut kemenangan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ratna Puspita
Hector Moreno dari Meksiko beraksi melawan Lionel Messi dari Argentina selama pertandingan sepak bola grup C 2022 antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, 26 November 2022.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Hector Moreno dari Meksiko beraksi melawan Lionel Messi dari Argentina selama pertandingan sepak bola grup C 2022 antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, 26 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Argentina belum menunjukkan taringnya di babak pertama menghadapi Timnas Meksiko pada Ahad (27/11/2022) dini hari WIB di Stadion Lusail, Qatar. Padahal, bagi Argentina, laga tersebut menjadi pertandingan kunci setelah tumbang dari Arab Saudi. 

Sepanjang 10 menit babak pertama, Argentina dan Meksiko masih saling coba mengenal permainan masing-masing. Satu peluang emas dimiliki Meksiko lewat Cesar Montes saat mendapat bola dari set piece dan melepaskan sebuah tembakan akurat dari dalam area penalti, tapi sayang melenceng ke kanan gawang. 

Baca Juga

Pada menit ke-20, wasit Daniele Orsato menyaksikan proses jatuhnya Nicolas Otamendi karena tekel keras Nestor Araujo. Nestor nyaris membuat Meksiko main dengan 10 pemain dari pelanggaran keras itu. Namun, wasit hanya mengganjarnya dengan kartu kuning.

Laga berjalan keras. Kedua tim sama-sama tegang untuk merebut kemenangan. Sebab, laga ini penting bagi kedua tim demi mengamankan tempat di Grup C. Pada menit ke-28, Marcos Acuna menjegal pemain Meksiko dengan keras. Namun, pelanggaran itu tak berbuah kartu kuning bagi Acuna. 

Sampai dengan menit ke-30, Lionel Messi nampak sulit berkutik. Messi belum mampu menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu pesepak bola paling buas di depan gawang. Alhasil, peluang Argentina termasuk dari pemain lain mayoritas gagal menimbulkan ketakutan berarti bagi Meksiko. 

Tendangan Messi dari bola mati pada menit ke-33 juga bisa diamankan dengan mudah oleh Guillermo Ochoa. Beberapa saat kemudian, Lisandro Martinez yang terlanjur geregetan justru membuat pelanggaran karena tekel kerasnya. 

Rodrigo de Paul coba meliuk-liuk di lini belakang Meksiko pada menit ke-39, tapi manuvernya tak maksimal hingga harus kehilangan bola. Semenit berselang, giliran 

Gonzalo Montiel yang mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti, hanya saja bek El Tri tegas menghalaunya.

Laga berjalan makin keras. Pelatih Meksiko Gerardo Martino diharuskan memasukkan Erick Gutierrez di menit ke-42 mengganti Andres Guardado yang menderita cedera. 

Jelang turun minum, Meksiko dapat kesempatan emas berkat hadiah tendangan bebas dekat kotak penalti akibat pelanggaran Montiel. Tendangan bebas Alexis Vega sebenarnya sudah luar biasa akurat mengarah ke gawang Argentina.

Namun, gawang tim tango dijaga Emiliano Martinez yang tangannya lengket menangkap bola. 

Dengan demikian, tak ada gol tercipta sampai peluit akhir babak pertama berbunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement