Rabu 23 Nov 2022 14:16 WIB

Tiga Aplikasi Peringatan Gempa Gratis untuk Pengguna Android dan iOS

Berikut daftar aplikasi yang bisa diunduh untuk pengguna Android ddan iOS

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Seorang warga mencari informasi prakiraan cuaca dengan aplikasi mobile Info BMKG
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang warga mencari informasi prakiraan cuaca dengan aplikasi mobile Info BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang rawan gempa karena dilalui oleh jalur Cincin Api Pasifik. Ini membuat kita harus selalu waspada terhadap bencana alam yang akan terjadi.

Untuk mengurangi risiko bencana, kita perlu mempunyai sistem peringatan dini yang melibatkan berbagai pihak dan pemanfaataan teknologi yang baik. Misal, dengan memanfaatkan aplikasi peringatan dini yang bisa diunduh gratis di Appstore atau Playstore. Berikut daftar aplikasi yang bisa Anda unduh:

1. Info BMKG

Aplikasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyajikan informasi gempa bumi terkini, gempa bumi yang dirasakan, dan gempa bumi real time yang disertai dengan jarak lokasi gempa dengan lokasi Anda berada. Selain gempa, Anda juga bisa mendapatkan informasi soal cuaca, iklim, kualitas udara, kebakaran hutan dan lahan, serta peringatan dini cuaca.

2. Disaster Alert

Aplikasi ini memberikan peringatan bahaya kritis dan informasi tentang bencana alam di mana pun Anda berada. Anda dapat menyesuaikan peringatan dini, melihat perkiraan laporan dampak, dan mengakses data bahaya model yang divisualisasikan. Pembaruan bahaya yang disediakan hanya mencakup bahaya aktif. Bahaya aktif adalah bagian dari kumpulan insiden terbaru yang ditetapkan berpotensi berbahaya bagi orang, properti, atau aset oleh Pasific Disaster Center (PDC).

3. My Earthquake Alerts Feed

My Earthquake Alerts Feed adalah aplikasi pemantau gempa yang memberikan semua informasi yang Anda butuhkan. Semua fitur yang diberikan tidak dipungut biaya alias gratis. Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini:

- Peta gempa yang dapat mendeteksi dan melacak gempa bumi dari seluruh dunia.

- Peringatan gempa gratis tanpa batasan.

- Fitur pencarian yang kuat untuk menemukan sejarah gempa sejak tahun 1970.

- Menggunakan informasi dari berbagai jaringan gempa di seluruh dunia, termasuk Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan Pusat Seismologi Eropa dan Mediterania (EMSC).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement