Rabu 23 Nov 2022 07:51 WIB

Mbappe Tebar Ancaman di Piala Dunia Qatar

Mbappe mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 4-1 Prancis atas Australia.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Selebrasi penyerang Prancis Kylian Mbappe setelah kemenangan timnya atas Australia 4-1.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Selebrasi penyerang Prancis Kylian Mbappe setelah kemenangan timnya atas Australia 4-1.

REPUBLIKA.CO.ID, AL WAKRAH -- Kylian Mbappe terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan pertama Grup D Piala Dunia Qatar 2022 antara Prancis melawan Australia, di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Rabu (23/11) dini hari WIB. Ia mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 4-1 di laga tersebut.

Mbappe yang beroperasi di sisi sayap kiri menonjol pada laga tersebut. Kecepatan dan kemampuannya melewati beberapa pemain lawan membuat dia beberapa kali merusak pertahanan Australia. Pergerakan tanpa bolanya juga memberikan ancaman kepada lini belakang Australia.

Baca Juga

Ia mendapatkan peluang besar untuk mencetak gol pada menit ke-44 ketika mendapatkan umpan Antoine Griezmann tetapi sontekannya terlalu melambung. Mbappe baru mencetak gol ketiga Prancis dalam laga tersebut dengan sundulan menyambut umpan lambung Osmane Dembele. Ia kemudian memberikan kontribusi gol keempat Prancis lewat umpan lambungnya yang disambut dengan gol sundulan Giroud.

"Awal yang bagus untuk sebuah turnamen," tulis Mbappe di akun Instagramnya selepas laga.

Bukan sebuah kejutan jika Mbappe akan menjadi pemain menonjol di setiap pertandingan Prancis dan berpotensi terpilih sebagai pemain terbaik, tak hanya di setiap pertandingan, melainkan juga seluruh turnamen. Kehebatannya bersama Paris Saint-Germain dan pengalamannya di Rusia 2018 sudah cukup menjadi alasan bagi dia untuk mendapatkan penghargaan itu.

Mbappe adalah bintang Prancis ketika Ayam Jantan menjadi kampiun Piala Dunia Rusia 2018. Ia mencetak empat gol, salah satunya pada partai final melawan Kroasia. Ia bersanding dengan Pele sebagai pemain remaja yang mencetak gol pada partai final. Ketika itu, ia berusia 19 tahun. Mbappe juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2018.

Status pemain terbaik itu ia pertahankan di level klub dengan pembuktian catatan golnya yang sulit dibendung. Sebelum berangkat ke Qatar, Mbappe telah mencetak 21 gol dan lima assist dalam 25 pertandingan di semua kompetisi bersama PSG. Alhasil gaji selangit yang diterimanya dari PSG tampak sepadan. Ia menerima bayaran 58 juta dolar AS per tahun di klub kaya PSG itu, atau sekitar Rp 909 miliar!

Mbappe telah memberikan sinyal di laga perdana Piala Dunia Qatar sebagai pemain paling berbahaya di skuad Ayam Jantan. Giliran pelatih Denmark dan Tunisia untuk memutar otak mencari cara menghentikan Mbappe pada laga berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement