Rabu 23 Nov 2022 05:31 WIB

Kalahkan Argentina, Raja Arab Langsung Umumkan Libur Nasional

Arab Saudi sedang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
 Aksi penyelamatan kiper Arab Saudi Mohammed Al-Owais dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022) WIB.
Foto: AP//Natacha Pisarenko
Aksi penyelamatan kiper Arab Saudi Mohammed Al-Owais dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kemenangan heroik timnas Arab Saudi atas Argentina dengan skor akhir 2-1 tentu menjadi kisah yang tidak akan pernah dilupakan oleh penggemar sepak bola negeri Timur Tengah tersebut.

Keberhasilan itu pun yang disambut positif oleh pihak kerjaan. Dilansir Independent, Rabu (23/11) pihak kerajaan bahkan telah meresmikan hari libur nasional untuk masyarakat Arab bersuka cita.

Adapun hal itu berlaku untuk semua karyawan di sektor publik dan swasta. Tak ketinggalan pula seluruh pelajar yang berada di Arab Saudi.

"Salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia," demikian pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Arab Saudi melalui akun resmi Twitter.

Ribuan pasang mata menyaksikan pertandingan Arab Saudi versus Argentina di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11). Sempat tertinggal lewat gol penalti Lionel Messi menit ke-10. Arab mampu membalikan keadaan pada interval kedua.

Kedua gol Si Elang Hijau dicetak oleh Sale Alshehri menit ke-48 beserta Salem Aldawsari menit ke-53.

Adapun kemenangan di laga pertama Piala Dunia 2022 bukan saja mengejutkan dunia. Namun hasil ini membuat Arabian Falcons membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Kerajaan Arab Saudi bukan satu-satunya yang mengumumkan hari libur nasional bagi warganya setelah kemenangan di Piala Dunia.

Sebelumnya tindakan itu pernah diambil pemerintah Kamerun usai timnas mereka mengalahkan Argentina 1-0 berkat gol Francois Omam-Biyik di Piala Dunia 1990 silam.

Untuk diketahui, Arab Saudi sendiri sedang mengajukan penawaran kepada FIFA untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement