Selasa 22 Nov 2022 09:39 WIB

Pelatih Wales Sebut Gareth Bale Mengejutkan Semua Orang

Bale menjadi penyelamat Wales dari kekalahan lawan AS.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Gareth Bale dari Wales merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup B antara Amerika Serikat dan Wales, di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar,  Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Ashley Landis
Gareth Bale dari Wales merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup B antara Amerika Serikat dan Wales, di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, AR RAYYAN -- Pelatih Wales Rob Page mengatakan Gareh Bale telah membuktikan kepada penggemar bahwa sentuhannya masih sangat berguna di tim nasional. Penampilannya ketika Wales bermain imbang 1-1 menghadapi Amerika Serikat pada laga perdana Grup B Piala Dunia Qatar 2022 menuai pujian dari sang pelatih.

Bale menjadi penyelamat Wales dari kekalahan ketika gol penaltinya pada menit ke-82 menyamakan kedudukan 1-1 setelah di babak pertama Amerika Serikat unggul 1-0 lewat Timothy Weah. Gol di menit-menit krusial itu juga sering ia lakukan ketika bersama klub.

Baca Juga

Bale membantu LAFC memenangkan Piala MLS musim ini dengan sumbangan dia menyamakan kedudukan 3-3 di menit akhir perpanjangan waktu melawan Philadelphia Union yang memaksa pemenang ditentukan lewat adu penalti. LAFC kemudian keluar sebagai juara dengan skor 3-0.

Tetapi mantan bintang Real Madrid itu tak pernah turun dalam waktu penuh musim ini. Ia juga berangkat ke Piala Dunia Qatar hanya dengan catatan 28 menit dalam pertandingan kompetitif sejak September.

"Terlepas dari apa yang dia lakukan di level klub, dia berhasil mengenakan jersey untuk Wales dan memberikan penampilan yang mengejutkan orang. Dan dia pasti mengejutkan saya hari ini," kata Page kepada wartawan dilansir dari ESPN usai laga melawan Amerika.

Page tak ragu untuk menunjuk Bale sebagai eksekutor penalti ketika wasit menunjuk titik putih. Ia yakin mantan bintang Tottenham Hotspur itu akan melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia menegaskan kualitas Bale tak diragukan lagi dalam momen-momen penting untuk menyelamatkan tim dari kekalahan.

Page juga mengungkapkan sempat merencakan menarik keluar Bale di babak kedua. Page bahkan menanyakan kesiapan Bale di menit ke-75 tentang kesiapannya melanjutkan pertandingan. Page mendapatkan jawaban Bale siap melanjutkan karena kondisinya sedang baik-baik saja.

"Dia mengatur dirinya sendiri melalui permainan, jadi jika dia bermain penuh sejak peluit pertama, dia mungkin akan turun minum. Jadi dia sangat berpengalaman dan pintar dalam mengatur tubuhnya,” ujar Page.

Gol Bale di laga tersebut merupakan yang ke-41 bersama Wales sekaligus gol pertama Wales di Piala Dunia selama 64 tahun. Wales meraih poin pertama di putaran final Piala Dunia sejak penampilan terakhir mereka pada edisi 1958.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement