Selasa 22 Nov 2022 09:31 WIB

Cody Gakpo, Pahlawan Belanda yang Jadi Incaran Banyak Klub Besar

Gakpo membuka gol kemenangan Belanda 2-0 atas Senegal di Piala Dunia 2022.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Cody Gakpo dari Belanda merayakan gol pembuka selama Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup A antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.
Foto: AP/Petr David Josek
Cody Gakpo dari Belanda merayakan gol pembuka selama Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup A antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AL THUMAMA -- Cody Gakpo terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan Grup A Belanda versus Senegal di Stadion Al Thumama, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. Gakpo mencetak gol pembuka Belanda dalam kemenangan 2-0 pada laga tersebut.

Gol sundulannya yang memanfaatkan umpan silang Frenkie de Jong pada menit ke-84 menjawab kebuntuan Oranje selama 83 menit jalannya pertandingan yang ketat. Gakpo yang bergerak mengecoh pemain Senegal untuk masuk ke tiang dekat berhasil menjangkau bola lebih cepat daripada tangan kiper Senegal Edouard Mendy.

Baca Juga

Mendy hanya terdiam melihat bola sudah bersarang ke gawangnya setelah kepala Gakpo lebih dulu menyentuhnya. Skor 1-0 itu menyulut semangat Belanda menambah gol. Pasukan Louis van Gaal pun akhirnya menang 2-0 berkat gol tambahan dari Davy Klaassen di menit ke-90+9. Gakpo pun terpilih sebagai pemain terbaik laga tersebut.

“Perasaannya fantastis. Itu gol penting dan pertandingan yang sulit, tetapi pada akhirnya kami melakukannya bersama sebagai satu tim. Kami mencetak dua gol dan meraih tiga poin. Itu yang paling penting karena ini pertandingan yang seimbang," katanya usai laga.

Dikutip dari transfermarkt, Gakpo merupakan pemain lulusan akademi PSV Eindhoven. Posisi utamanya sebagai pemain sayap kiri. Tetapi ia juga dapat memainkan peran sebagai sayap kanan atau depan tengah.

Sejak masuk di akademi PSV pada tahun 2015, ia terus berkembang hingga promosi ke tim utama pada Juli 2018. Sekarang ini ia menjadi andalan PSV di lini depan. 

Musim ini dia telah mencetak 14 gol dan 17 assist dalam 24 pertandingan di semua kompetisi. Secara keseluruhan ia telah mencetak 55 gol dan 50 assist dalam 159 pertandingan di semua kompetisi.

Debutnya bersama timnas Belanda terjadi pada 21 Juni 2021 di usia 22 tahun satu bulan 14 hari saat dilatih oleh Frank de Boer. Golnya ke gawang Senegal merupakan yang pertama di Piala Dunia. 

Pada musim panas lalu, Gakpo dikaitkan dengan Manchester United dan Liverpool. Namun kepindahan itu urung terjadi. Dengan aksinya di Qatar, klub-klub top Eropa makin berlomba untuk mendapatkan jasanya.

Cody Mathes Gakpo

Lahir: 7 Mei 1999, Eindhoven, Belanda

Tinggi: 1,89 m

Berat: 76 kg

Kebangsaan: Belanda

Tanggal bergabung: Juli 2016 (PSV Eindhoven)

Posisi bermain: Gelandang sayap, penyerang

Tim saat ini: PSV Eindhoven (#11 / Penyerang), Belanda (#26 / Penyerang)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement