Selasa 22 Nov 2022 05:25 WIB

Mengintip Rumah Timnas Brasil Selama Gelaran Piala Dunia 2022

Brasil menginap di Westin Doha Hotel dan Spa dan berlatih di Stadion Grand Hamad.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Brasil berlatih di Stadion Grand Hamad, Doha, Senin (21/11/2022).
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Para pemain Brasil berlatih di Stadion Grand Hamad, Doha, Senin (21/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Brasil menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2022 yang terakhir tiba di Qatar. Tim besutan Tite itu mendarat di Doha, Qatar, pada Sabtu (19/11) waktu setempat, usai meninggalkan lokasi pemusatan latihan sementara di markas Juventus, Turin, Italia. 

Selama di Qatar, Brasil akan menginap di Westin Doha Hotel dan Spa. Sementara untuk sesi latihan dan persiapan tim, Selecao telah memilih markas klub Al Arabi, Stadion Grand Hamad, sebagai homebase. Stadion berkapasitas 13 ribu penonton itu berada di salah satu sudut Ibukota Qatar, Doha. 

Baca Juga

"Westin Doha Hotel dan Stadion Grand Hamad akhirnya dipilih oleh timnas Brasil sebagai homebase selama di Qatar dari 17 lokasi yang telah ditawarkan pihak penyelenggara sejak Agustus 2019 silam," tulis laporan Marca, Senin (21/11/2022). 

Kualitas rumput di atas lapangan Stadion Grand Hamad, yang tetap terjaga meski berada dalam suhu yang relatif tinggi di Doha, menjadi salah satu alasan pemilihan stadion tersebut. Selain itu, stadion milik klub Al Arabi juga dilengkapi sejumlah fasilitas mewah. Mulai dari ruang ganti, yang dilengkapi loker untuk setiap pemain, hinga ruang kebugaran, dan ruang pemulihan, yang terdiri dari dua kolam renang.  Semua fasilitas ini diharapkan bisa menunjang performa maksimal Neymar dan kawan-kawan di edisi perdana Piala Dunia di kawasan Timur Tengah tersebut. 

Dalam menyambut kehadiran para penggawa Brasil, sejumlah ruangan dan lorong di Stadion Grand Hamad pun diubah sedemikan rupa. Berbagai slogan dan kata-kata motivasi terpampang di sejumlah dinding di area khusus Brasil di stadion tersebut. 

"Berkonsentrasi dan nikmati setiap momen," tulis salah satu slogan tersebut. 

Selain itu, ada pula perkataan dari pelatih Brasil Tite yang ditempelkan di salah satu ruang kebugaran. "Nikmati semua momen ini dan percaya diri serta berani," bunyi kata-kata dari Tite tersebut. 

Semua slogan ini berpadu dengan gambar besar yang mengingatkan perjalanan Selecao melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022. Pun dengan kehadiran berbagai gambar-gambar ikonik dari keberhasilan Brasil merengkuh lima gelar Piala Dunia, yang menempel di dinding. Salah satunya adalah gambar penyerang Brasil, Ronaldo, saat mengangkat trofi pada Piala Dunia 2002. 

Tidak berhenti sampai di situ, untuk menambah motivasi para penggawa Brasil di Piala Dunia 2022, sebuah bintang berwarna hitam diletakan di ujung deretan lima bintang yang tertera di salah satu sudut dinding ruang ganti pemain. "Lima bintang ini merepresentasikan lima kali keberhasilan tim Selecao merengkuh titel Piala Dunia. Sedangkan, satu bintang terakhir yang berwarna hitam menjadi lambang atau tempat yang disediakan buat para penggawa Brasil untuk bisa meraih gelar keenam," lanjut laporan Marca tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement