Senin 21 Nov 2022 22:13 WIB

Livescore Piala Dunia; Inggris Bantai Iran 6-2 di Partai Perdana Grup

Iran tampil makin melempem di babak kedua.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Raheem Sterling dari Inggris merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Senin (21/11/2022)..
Foto: AP / Frank Augstein
Raheem Sterling dari Inggris merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Senin (21/11/2022)..

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Inggris mengawali langkah mereka di Piala Dunia dengan meyakinkan, usai membantai Iran 6-2, dalam pertandingan Grup B, Senin (21/11/2022). Tampil di Khalifa Internasional Stadium, Inggris sempat kesulitan menjebol gawang Iran di awal babak pertama. Namun mereka mulai mengamuk setelah Jude Bellingham membuka skor pada menit 35.

Inggris mendapatkan peluang pertamanya pada menit 8, saat Harry Maguire gagal memanfaatkan umpan Harry Kane. Namun penyelesaian akhir Maguire masih melebar dari gawang Iran. Pertandingan sempat terhenti akibat kiper Iran Beiranvand mengalami cedera serius di kapala, karena bertabrakan dengan rekan setimnya.

Baca Juga

photo
Harry Maguire dari Inggris menerima perawatan medis selama pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022. - (AP / Alessandra Tarantino)

Namun pengambilan keputusan yang lamban dari Iran membuat pertandingan terhenti cukup lama. Peluang emas Inggris baru didapat pada menit 29. Bukayo Saka mengirim umpan silang ke kotak penalti. Mason Mount menyambut umpan itu dengan tendangan kaki kanan. Tapi bola masih melebar dari gawang. 

The Three Lions nyaris memecahkan kebuntuan tiga menit kemudian. Sundulan Maguire hasil dari sepak pojok membentur mistar gawang. Skuad asuhan Gareth Southgate itu akhirnya bisa mencetak gol setelah terus menerus menekan. Berawal dari umpan silang Luke Shaw dari sisi kiri, pemain berusia 19 tahun itu menyudul bola ke sudut atas gawang. 1-0 Inggris unggul. 

Finalis Euro 2020 itu menambah keunggulan pada menit 43. Kali ini giliran Bukayo Saka. Menerima umpan sundulan dari Maguire, striker Arsenal itu melepaskan tendangan voli terarah. Tiga menit kemudian giliran Raheem Sterling yang menjebol gawang Iran. Kane memberikan umpan ke kotak penalti. Sterling kemudian langsung menyambar bola dengan satu sentuhan. Inggris pun unggul 3-0, yang bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Inggris mengendurkan tekanan mereka, dengan hampir itidak mendapatkan peluang selama 15 menit. Saka kemudian semakin mempertegas keunggulan Inggris, usai aksi individunya di kotak penalti diselesaikan dengan baik lewat tendangan kaki kirinya pada menit 62. 4-0 Inggris unggul. 

Iran secara mengejutkan memperkecil ketertinggalan tiga menit setelah tertinggal 4-0. Kerjasama apik pemain Iran di pertahanan Inggris, ditutup dengan umpan terobosan Ali Gholizadeh, lalu diselesaikan oleh Mehdi Taremi dengan tendangan keras dari jarak dekat. Skor pun berubah jadi 4-1. 

Tapi Southgate langsung merespons dengan menyegarkan lini depan. Marcus Rashford yang masuk masuk memperlebar keunggulan lagi, setelah menerima umpan dari Kane dan dengan tenang melepaskan tendangan kaki kiri, untuk mengubah skor jadi 5-1. Jack Grealish kemudian menutup malam gemilang Inggris, usai menambah keunggulan menjadi 6-1 pada menit 90. Callum Wilson lolos dari jebakan offside, dan kemudian memberikan umpan tarik kepada penyerang Manchester City itu untuk menegaskan dominasi semifinalis Piala Dunia 2018 tersebut. 

Iran mendapatkan gol hiburan jelang akhir pertandingan, usai mendapatkan penalti pada menit 100. Mehdi Taremi yang jadi eksekutor sukses menjebol gawang Jordan Pickford. Skor akhir pun jadi 6-2.

photo
Pemain Inggris Marcus Rashford (tengah) merayakan dengan rekan setimnya Harry Kane, pergi, setelah mencetak gol kelima timnya selama pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). - (AP/Abbie Parr)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement