Senin 21 Nov 2022 17:34 WIB

Senegal Vs Belanda, Duel Kuda Hitam Lawan Unggulan

Senegal menghadapi Belanda di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Pelatih Belanda Louis van Gaal.
Foto: AP/Peter Dejong
Pelatih Belanda Louis van Gaal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir dalam setiap Piala Dunia yang mengikutkan Belanda, negeri ini selalu menjadi favorit juara. Hal serupa juga terjadi di Piala Dunia Qatar 2022.

Kali ini, Oranje langsung menghadapi ujian berat pada pertandingan pertamanya di Grup A. Skuad asuhan Louis van Gaal harus melawan juara Afrika, Senegal, yang kehilangan Sadio Mane, di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Baca Juga

Van Gaal, percaya Belanda memiliki kemampuan untuk menuntaskan asa puluhan tahun, setelah kalah dalam tiga final sebelumnya pada 1974, 1978, dan 2010.

"Kami memang tidak memiliki pemain terbaik di dunia, tetapi saya percaya kepada perkembangan dan taktik tim. Kami memiliki pemain-pemain yang bisa mengeksekusi rencana taktis pelatih," kata van Gaal pekan ini seperti dikutip Reuters. "Kami bisa melenggang jauh sampai final."

Pelatih berusia 71 tahun itu pernah membawa Belanda ke posisi ketiga Piala Dunia Brasil, delapan tahun lalu. Sejak kembali melatih timnas Belanda, dia telah mengantarkan timnya melewati 15 pertandingan tak terkalahkan.

Sebaliknya, Senegal tengah mendapatkan cobaan besar. Mane yang cedera lutut saat bermain bersama klubnya, Bayern Munchen, pada 8 November akhirnya dicoret dari skuad karena belum pulih. Padahal pemain ini sanga penting perannya saat menjuarai Piala Afrika setahun lalu. Senegal dianggap asa besar Afrika di Qatar yang diharapkan melangkah lebih jauh setelah empat tahun lalu semua tim benua Afrika terhenti pada fase grup.

Bagi Senegal lolos dari fase grup bukan hal baru karena mereka sudah pernah mencapai perempat final Piala Dunia dua puluh tahun lalu. Senegal adalah satu dari tiga tim Afrika yang pernah melangkah sejauh itu.

Kini, pelatih Aliou Cisse menginginkan pemain-pemainnya percaya bisa melangkah lebih jauh dari perempat final sekalipun sudah tidak ada lagi Sadio Mane dalam skuad mereka.

Cisse yakin tim asuhannya bakal membuat terobosan yang tak saja membuat rakyat Senegal bangga, tetapi juga seluruh penghuni Afrika. "Jika Prancis bisa juara, mengapa kami tidak?" kata Cisse.

Prediksi starting XI:

Senegal (4-3-3): Eduoard Mendy; Youssouf Sabaly, Pape Abou Cisse, Kalidou Koulibaly, Fode Ballo-Toure; Cheikho Kouyate, Nampalys Mendy, Idrissa Gana Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta

Belanda (3-4-1-2): Remko Pasveer; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Jeremie Frimpong, Frenkie de Jong, Teun Koopmeiners, Daley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Steven Bergwijn

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement