Ahad 20 Nov 2022 17:22 WIB

Presiden Mesir Ikut Hadiri Acara Pembukaan Piala Dunia 2022

Al Sisi diundang secara langsung oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi hadir di pembukaan Piala Dunia 2022.
Foto: Welt.de
Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi hadir di pembukaan Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi dijadwalkan menghadiri secara langsung seremoni pembukaan Piala Dunia 2022, Ahad (20/11/2022) malam WIB. al-Sisi menjadi salah satu kepala negara di kawasan Timur Tengah yang diundang secara langsung oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. 

Selain al-Sisi, seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 itu juga diketahui akan dihadiri langsung Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS). Bahkan, MBS dilaporkan sudah mendarat di Ibu Kota Qatar, Doha, dalam persiapan menghadiri upacara pembukaan edisi perdana Piala Dunia yang digelar di Timur Tengah tersebut. 

Baca Juga

''Presiden Abdel Fattah al-Sisi akan terbang ke Qatar untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia 2022. Partisipasi al-Sisi di event olahraga kelas dunia itu tidak terlepas dari jawaban atas undangan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani,'' tulis laporan Reuters, Ahad (20/11/2022). 

Kehadiran dua kepala negara itu juga penanda meningkatnya hubungan antara Qatar dan sejumlah negara Teluk dan Mesir. Sebelumnya, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir sempat memutus hubungan diplomatik dan mengembargo Qatar, pada 2017 silam. Kondisi ini pun berlangsung kurang lebih selama tiga setengah tahun. 

Saat itu, Qatar dianggap melindungi sejumlah kelompok-kelompok radikal dan yang terkait dengan terorisme, termasuk kelompok Muslim Brotherhood. Namun, pada Januari 2021, blokade negara-negara teluk dan Mesir atas Qatar itu akhirnya resmi dicabut. 

Rencananya, seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 akan digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor. Jadwal seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 ini pun dimajukan sehari usai permintaan Qatar kepada FIFA. Sejumlah artis internasional, seperti Robbie Williams, dan salah satu anggota grup K-Pop BTS, Jungkook, dilaporkan akan menjadi penampil di seremoni pembukaan Piala Dunia 2022. 

Seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 ini juga akan diikuti oleh laga pembuka Grup A, tepatnya saat tim tuan rumah, Qatar, menghadapi salah satu wakil Amerika Selatan, Ekuador, Ahad malam WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement