Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Budayawan Sunda Budi Dalton Sebut Miras Minuman Rosulullah

Sabtu 19 Nov 2022 13:23 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Viral video Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton menyebut miras sebagai minuman Rosulullah.

Viral video Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton menyebut miras sebagai minuman Rosulullah.

Foto: Tangkapan layar
Persaudaraan Alumni 212 melaporkan penghinaan Budi Dalton ke Bareskrim Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral video Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton menyebutkan, jika miras adalah kependekan dari minuman Rosulullah. Budi Dalton menyampaikan pendapat kebablasan itu dalam sebuah acara berisi candaan dengan komedian Mang Saswi dan Sule yang disiarkan channel Youtube pribadinya.

"Miras minuman Rasulullah (Rosulullah)," ujar budayawan Sunda tersebut dalam video viral dikutip Republika di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Setelah insiden itu viral di media sosial dan mendapat kecaman, Budi Dalton mendatangi Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH Juhadi Muhammad untuk meminta maaf. Meski Budi Dalton tidak ada niatan menyinggung Nabi Muhammad SAW, ia menganggap, hal itu bisa diartikan salah oleh publik.

"Miras konotasi umum adalah minuman keras tapi disebut sebagai minuman Rosul. Ini sebagai pelajaran," kata Juhadi meminta Budi Dalton untuk menjadikan hal itu sebagai pelajaran berharga.

Atas insiden penistaan agama itu, penggerak Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin melaporkan Budi Dalton ke Bareskrim Polri, Jumat (18/11/2022). Tidak hanya Budi Dalton, sambung dia, pelaporan juga dilakukan kepada Mang Saswi dan Sule yang ikut tertawa menanggapi candaan bermuatan pelecehan agama yang dilakukan Budi Dalton.

"Budi Dalton patut diduga melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW dengan menyatakan miras, minuman Rosulullah dalam akun Youtube miliknya (Budi Dalton Channel) dalam acara 'Ngobat," kata Novel kepada wartawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA