Kamis 17 Nov 2022 23:05 WIB

Tiga Pemain J.League non-Jepang Berlaga di Piala Dunia 2022

Kwon Kyung-won yang memperkuat tim Gamba Osaka membela Korsel di Piala Dunia.

Kwon Kyung-won, pemain Korsel pada Piala Dunia 2022 yang merumput di J League.
Foto: J.LEAGUE - all rights reserved
Kwon Kyung-won, pemain Korsel pada Piala Dunia 2022 yang merumput di J League.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia 2022 Qatar bakal bergulir 20 November sampai 18 Desember. oemain terbaik dari negara peserta sudah didaftarkan ke penyelenggara termasuk 10 pemain yang selama ini berlaga di J.League atau Liga Jepang.

Ada tiga pemain non-Jepang yang bermain di J.League dan memperkuat negara di Piala Dunia 2022. Pemain tersebut adalah Kwon Kyung-won asal Korea Selatan, Mitchell Duke dan Thomas Deng dari Australia.

Baca Juga

Kwon Kyung-won selama ini memperkuat tim Gamba Osaka. Bek tengah berusia 30 tahun yang dipilih pelatih Paulo Bento jadi satu dari sembilan bek yang dibawa ke Qatar.

Kwon membela Gamba Osaka mulai awal 2022 usai diboyong dari klub Korsel, Seongnam FC. Ia kemudian tampil 19 kali di semua ajang, 16 di antaranya di Meiji Yasuda J1 League, dengan catatan dua gol.

Kwon menjalani debutnya di timnas Korea Selatan pada laga persahabatan melawan Rusia, 7 Oktober 2017, dan kini sudah memiliki 28 caps dengan catatan dua gol. Ia sempat masuk skuad sementara untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, meski kemudian tak dibawa dalam 23 nama yang dipilih.

Dua pemain lainnya semuanya dari Australia yakni Mitchell Duke dan Thomas Deng. Mitchell Duke merupakan penyerang veteran 31 tahun yang membela tim kasta kedua di J.League, Fagiano Okayama.

Duke bergabung dengan Fagiano Okayama pada musim panas 2021 usai diboyong dari tim Arab Saudi, Al-Taawoun FC, setelah sempat dipinjamkan ke tim Liga Australia, Western Sydney. Di J2 League, Duke bermain 37 kali dengan catatan delapan gol dan tiga assist.

Duke menjalani debutnya di timnas saat Australia jadi tim undangan pada Piala Asia Timur 2013 dengan menghadapi Korea Selatan dan mencetak gol pertamanya saat melawan Jepang.

Kini, Duke masih diandalkan sebagai striker utama oleh pelatih timnas Australia, Graham Arnold, termasuk pada laga terakhir Australia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Peru pada laga play-off interkontinental.

Sementara itu, Thomas Deng saat ini juga memperkuat klub kasta kedua Liga Jepang, Albirex Niigata dan bahkan mencatatkan namanya sebagai salah satu pemain yang membawa tim tersebut menjadi juara Meiji Yasuda J2 League musim ini. Musim ini, Deng bermain delapan kali untuk Albirex Niigata setelah bergabung dari Urawa Red Diamonds pada awal musim.

Deng yang merupakan pemain berdarah Sudan Selatan dan lahir di Kenya yang hijrah ke Australia bersama orang tuanya saat berusia enam tahun. Ia menjalani debut bersama timnas Australia pada laga persahabatan lawan Kuwait, 15 Oktober 2018, dan total bermain dua kali untuk Negeri Kanguru.

Selain di timnas senior, Deng juga jadi andalan di timnas U-23 pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020, termasuk jadi kapten saat Australia mengalahkan Argentina 2-0.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement