Jumat 18 Nov 2022 00:10 WIB

Perabot Miliki Ratu Terakhir Prancis Dilelang

Laci dan kursi berusia 250 tahun milik Marie Antoinette akan dilelang.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Marie Antoinette (ilustrasi)
Foto: marie-antoinette.org
Marie Antoinette (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dua perabot yang dulu dimiliki oleh Ratu Prancis Marie Antoinette akan dilelang pada 22 November di Paris. Laci dan kursi berusia 250 tahun diperkirakan bernilai 800 ribu hingga 1,2 juta euro dan 100 ribu hingga 200 ribu euro.

"Karya-karya ini selalu penting dan dianggap demikian selama berabad-abad, bahkan tanpa memikirkan asal-usul dan dimensi kebangsawanannya, karya-karya itu dikagumi dan disukai," kata wakil presiden Christie's Prancis Simon de Monicault.

Baca Juga

Lemari berlaci dengan desain yang terinspirasi China dan bagian logam langka dibuat untuk calon ratu Marie Antoinette pada 1770. Ketika itu dia pertama kali tiba di Prancis saat berusia 15 tahun.

Kursi itu adalah permintaan kerajaan terakhir yang diinginkan oleh ratu saat itu. Setelah itu dia digulingkan dalam Revolusi Prancis dan kemudian dieksekusi pada usia 37 tahun.

Tahun lalu, sepasang gelang berlian yang juga milik mantan Ratu dijual secara lelang di Swiss seharga 8,18 juta dolar AS. Nilai penjualan ini beberapa kali lipat dari perkiraan pra-penjualan. 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement