Kamis 17 Nov 2022 08:15 WIB

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga berjemur di sekitar rumahnya di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. berjemur atau terpapar sinar matahari merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga berjemur di sekitar rumahnya di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. berjemur atau terpapar sinar matahari merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D bertanggung jawab atas beberapa fungsi penting dalam tubuh. Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium dan fosfor, membangun tulang yang sehat, mencegah infeksi hingga mengurangi peradangan dalam tubuh.

 

Baca Juga

Dilansir dari hindustantimes pada Rabu (16/11/2022), kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan banyak penyakit yang mengancam jiwa.

Dalam hal asupan, pilihan orang terbatas. Sinar matahari dan makanan seringkali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Inilah alasan suplemen vitamin D sering direkomendasikan kepada orang-orang jika kadarnya ditemukan rendah.

 

Berikut lima tanda tubuh kekurangan vitamin D yaitu :

 

Nyeri Tulang dan Otot

 

Nyeri punggung yang berulang dapat timbul karena kadar vitamin D yang tidak mencukupi. Kita semua tahu bahwa Vitamin D baik untuk kesehatan tulang.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang dengan radang sendi, nyeri kronis yang meluas dan nyeri otot memiliki tingkat vitamin D yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kondisi ini. Hal ini menunjukkan hubungan yang erat antara kekurangan vitamin D dan nyeri.

 

Kerapuhan

 

Patah tulang karena jatuh dari ketinggian berdiri normal atau kurang diakibatkan oleh kekurangan atau kekurangan bitamin D. Sebuah studi menemukan bahwa kadar 25-OH vitamin D yang tinggi menurunkan risiko pinggul patah tulang pada orang berusia 60 tahun ke atas.

 

Kedutan Otot

 

Kedutan adalah kontraksi otot yang tidak disengaja dalam waktu singkat yang dengan cepat menghilang. Kedutan otot menyebabkan ketidaknyamanan tetapi tidak ada rasa sakit.

Kedutan otot berbeda dengan kejang otot, yang merupakan kontraksi berkepanjangan dan menyebabkan rasa sakit. Kedutan otot tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika kedutan terus berlanjut, seseorang perlu berkonsultasi dengan dokter karena ini mungkin merupakan indikasi dari penyakit tertentu. Mengalami kedutan terutama di kelopak mata, tangan, dan betis bisa menjadi tanda tubuh Anda membutuhkan vitamin D.

 

 

 

Kelelahan

 

Apakah Anda merasa lelah sepanjang waktu meskipun sudah makan dan tidur nyenyak ? Penyebabnya disini bisa jadi adalah kadar vitamin D Anda. Periksa kadar 25-OH vitamin D Anda dan minum suplemen sesuai resep dokter Anda.

 

Infeksi yang Sering

 

Vitamin D berinteraksi langsung dengan berbagai sel kekebalan dan membantu tubuh kita melawan infeksi. Sering terserang penyakit seperti pilek, radang paru-paru dan bronkitis bisa menjadi indikasi penurunan kadar vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko seseorang tertular Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement