Rabu 16 Nov 2022 17:47 WIB

Porsche Buat Sportcar yang Bisa Jelajah Gurun Pasir

Porsche 911 Dakar akan diperkenalkan pada pameran Los Angeles.

Porsche 911 Dakar
Foto: porsche
Porsche 911 Dakar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Porsche 911 Dakar akan diperkenalkan pada pameran Los Angeles Auto Show pada Kamis (17/11/2022) besok. Ini adalah mobil sport dua pintu pertama berkemampuan offroad gurun pasir.

Melalui keteranganpers perusahaan, Porsche menyatakan bahwa mobil itu mengambil nama "Dakar" mengacu pada kemenangan mereka di reli Paris-Dakar 1984. Saat itu, Porsche 911 yang dimodifikasi telah dilengkapi sistem all-wheel-drive untuk pertama kalinya.

Baca Juga

Porsche 911 Dakar telah diuji sejauh 10.000 kilometer di lintasan offroad, dengan total jarak tempuh mencapai setengah juta kilometer jika digabungkan dengan jalanan umum. Jalur uji Chteau de Lastours di Prancis selatan digunakan untuk mengetes penanganan mobil di jalur reli biasa dan menyempurnakan suspensi.

"Semua tim Dakar datang ke sini untuk menguji mobil mereka di Eropa sebelum reli," kata pembalap Porsche, Romain Dumas.

Awalnya, tim penguji kebingungan untuk mengemudikan 911 itu di Chteau de Lastours,. Namun mereka cepat beradaptasi dan mampu menaklukkan lintasan reli maupun offroad Dakar dengan mudah.

Porsche 911 Dakar juga diuji di atas lintasan salju di Arjeplog, Swedia. Pengujian itu dilakukan dua kali juara reli dunia, Walter Rohrl. Mobil dua pintu tersebut juga diuji di trek pasir dan bukit pasir tinggi Dubai dan Maroko. Para penguji mengemudikan mobil dengan menerjang bukit pasir setinggi 50 meter dalam suhu hingga 45 derajat Celcius.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement