Selasa 15 Nov 2022 14:02 WIB

Presiden IOC Ajak Negara G20 Berdamai Lewat Olahraga

Presiden IOC Thomas Bach berharap Olimpiade bisa menjadi ajang pemersatu semua negara

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Israr Itah
Presiden IOC Thomas Bach
Foto: AP/Takashi Aoyama/Pool Getty Images AsiaPac
Presiden IOC Thomas Bach

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Pada gelaran puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengajak semua pemimpin negara G20 untuk bisa bersatu membawa pesan perdamaian pada gelaran Olimpiade tahun depan.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan gelaran Olimpiade tahun depan dihadapkan pada situasi geopolitik yang tidak sehat. Namun, ia berharap Olimpiade justru bisa menjadi ajang pemersatu semua negara sehingga mempromosikan perdamaian.

Baca Juga

"Pada momen kali ini kita semua dihadapkan pada tantangan situasi geopolitik. IOC sebagai lembaga yang netral ingin mengajak semua pemimpin negara G20 untuk bisa membawa pesan perdamaian dunia," ujar Bach di sela jamuan makan siang di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Bach juga menilai ajang Olimpiade tahun depan bisa menjadi salah satu cara untuk para negara mencapai kesepakatan politik yang menguntungkan bagi semua pihak. Sebagai representatif dari komite yang menangungi 200 negara partisipan berharap olahraga bisa menjadi jalan mulus untuk menurunkan tensi konflik antar negara.

"Saya meminta dukungan semua para pemimpin negara untuk bisa mendukung Olimpiade ke depan dan juga bisa menjadi jalan untuk mencapai perdamaian dunia," kata Bach di hadapan seluruh pemimpin negara G20.

Dalam momen ini, selain mengkampanyekan perdamaian melalui olahraga, Bach juga mengajak seluruh pemimpin negara untuk mengedepankan gaya hidup sehat untuk seluruh masyarakat. Hal ini menjadi penting menurut Bach, apalagi belajar pada situasi pandemi.

"Melalui olahraga bisa menyelamatkan hidup. Kami sangat mendorong gaya hidup sehat untuk keberlangsungan dunia lebih baik kedepan," tutup Bach.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement