Ahad 13 Nov 2022 17:17 WIB

Universitas BSI Tasikmalaya Pilih 3 Lokasi untuk Kegiatan BSI Explore 2023

Salah satu rencana kegiatan BSI Explore 2023 adalah membantu kegiatan belajar sekolah

Salah satu rencana kegiatan BSI Explore 2023 adalah membantu kegiatan belajar sekolah.
Foto: UBSI
Salah satu rencana kegiatan BSI Explore 2023 adalah membantu kegiatan belajar sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- BSI Explore 2023 merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dalam jangka waktu tiga minggu. Kegiatan ini juga akan melatih kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dunia pendidikan dengan menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa, dan pemberdayaan masyarakat serta pemuda desa. 

Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI melalui kegiatan BSI Explore akan menjelajahi dan menggali potensi 35 desa yang dilaksanakan dalam jangka waktu satu bulan. Kegiatan akan berlangsung dari Bulan Januari hingga Februari 2023 dengan tema “Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri”.

Baca Juga

Salah satu lokasi desa yang akan dijelajahi berada di Tasikmalaya dan sekitarnya. Survei lokasi BSI Explore 2023 di wilayah Tasikmalaya dilakukan oleh staf Universitas BSI kampus Tasikmalaya yaitu Miftah Farid Adiwisastra dan Recha Abriana Anggraini. Mereka melakukan survei ke tiga lokasi tujuan kegiatan BSI Explorer 2023 pada Rabu (9/11/2022).

Miftah menjelaskan survei dilakukan di tiga lokasi masing-masing di Kelurahan Bungursari dan Kelurahan Tanjung di Tasikmalaya dan Desa Beber, Ciamis. “Survei lokasi dilakukan untuk mengetahui kondisi lapangan serta meminta izin terkait pelaksanaan kegiatan BSI Explore 2023. Dari ketiga lokasi tersebut, dipilih masing-masing desa satu sekolah yang nantinya akan menjadi tempat bertugas para mahasiswa. Mengingat salah satu rencana kegiatan dari BSI Explore 2023 adalah membantu sekolah-sekolah tertentu dalam proses belajar mengajar demi kemajuan bersama,” jelas Miftah saat diwawancarai. 

Menurutnya, selain membantu proses belajar mengajar di sekolah, BSI Explore 2023 pada tujuannya adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) desa yang berkompeten. “Kegiatan BSI Explore 2023 selain memberikan pengajaran di sekolah rencananya juga akan mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan, mengunjungi dan melakukan observasi ke sentra potensi ekonomi desa, mengadakan pelatihan penggunaan teknologi kepada masyarakat, serta beberapa hal lainnya yang bertujuan untuk memajukan SDM desa serta alam di tempat tujuan kegiatan BSI Explore 2023,” jelasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement