Senin 07 Nov 2022 01:05 WIB

Kualitas Modifikasi Bali Didorong lewat Keterlibatan Asosiasi Internasional

Industri modifiksi di Bali sendiri terbilang tumbuh pesat.

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad
BlackAuto Battle digelar di Bali dengan melibatkan asosiasi internasional.
Foto: dok black auto battle
BlackAuto Battle digelar di Bali dengan melibatkan asosiasi internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG--Sejumlah pecinta otomotif ingin menjadikan mobilnya sebagai sarana pengasah kreativitas lewat modifikasi. Hal itu pun dilakukan oleh para pecita otomotif di Pulau Bali.

Untuk mendorong kualitas modifikasi di Bali, salah satu ajang kompetisi modifikasi bergengsi yang disebut dengan BlackAuto Battle pun digelar di pulau tersebut. Panitia BlackAuto Battle, Boy Prabowo mengatakan, ajang ini diyakini bisa mendorong kualitas modifikasi di Bali karena melibatkan sejumlah asosiasi internasional untuk jadi juri.

Baca Juga

"Kompetisi ini menggandeng Asia Pacific Car Tuning (APACT) sebagai wadah penjurian. Selain itu, penjurian juga dilakukan oleh i-CAN (Indonesia Car Audio Network), EMMA (European Mobile Media Association) dan MECA (Mobile Electronic Competition Association)," kata Boy dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Ahad (6/11/2022).

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa ini pertama kalinya para modifikator di Bali merasakan nuansa kompetisi yang melibatkan beragam asosiasi sekaligus.

Hal ini memang sengaja dilakukan untuk membuat kompetisi yang telah digelar beberapa waktu lalu di Pantai Pandawa, Badung, Bali itu bisa jadi kompetisi yang lebih tajam dengan metode penilaian yang lebih ketat dan terukur.

"Tujuannya agar penjurian dapat dilakukan dengan fair menggunakan metode terukur sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan," ucapnya. Strategi ini dilakukan juga untuk mendorong tumbuhnya karya modifikasi yang makin berkualitas.

Menurutnya, industri modifiksi di Bali sendiri terbilang tumbuh pesat. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya rumah-rumah modifikasi, installer dan bagian industri car tuning lainnya yang membangun bisnisnya di pulau ini. "Animo Bali dan sekitarnya sangat baik, terbukti semua slot pertandingan terisi maksimal terutama pada kelas Contest dan Culture," ucap dia.

Salah satu kategori yang dilombakan dalam BlackAuto Battle adalah kompetisi audio yang dikemas lewat Black Out Loud. Kompetisi ini terbagi dalam tiga kelas yaitu SQ, SQL dan SPL.

SQ sendiri merupakan kategori Sound Quality dan jadi sebuah genre hi-end dalam dunia car audio yang mencari tonal akurasi, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan.

Sedangkan SPL atau Sound Preassure Level adalah adu kencang car audio dengan satuan desible yang dikur dengan alat ukur professional terbaru yakni Term Lab Magnum. Kemudian, SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian yang diukur dari luar kabin mobil.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement