Ahad 06 Nov 2022 14:13 WIB

Suplemen Makanan Diet Dapat Memicu Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa fenolftalein menunjukkan potensi risiko karsinogenik.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Suplemen Makanan Diet Dapat Memicu Kanker (ilustrasi).
Foto: picpedia.org
Suplemen Makanan Diet Dapat Memicu Kanker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI — Departemen Kesehatan Abu Dhabi (DoH) memperingatkan penggunaan suplemen makanan “Weight Rapid Loss Capsule”, yang berpotensi menyebabkan kanker. Produk yang berbentuk kapsul oral ini diklaim dapat menurunkan berat badan.

Departemen Kesehatan menjelaskan bahwa hasil analisis laboratorium dari produk tersebut membuktikan bahwa produk mengandung zat terlarang yang tidak dinyatakan "fenolftalein", yang diklasifikasikan oleh Food and Drug Administration AS, yang umumnya tidak diakui sebagai aman dan efektif.

Baca Juga

"Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa fenolftalein menunjukkan potensi risiko karsinogenik," kata DoH dilansir dari Gulf Today, Ahad (6/11).

Dikatakan juga bahwa fenolftalein telah ditemukan beracun bagi gen karena dapat menyebabkan kerusakan atau mutasi pada DNA. Lebih lanjut lagi fenolftalein mengandung pertumbuhan mikroba di atas batas yang diizinkan.

“Produk ini tidak terdaftar di Kementerian Kesehatan dan Perlindungan Masyarakat, tetapi telah terbukti diedarkan oleh penjual melalui platform sosial (Instagram), dan dapat dibeli secara online melalui media sosial,” kata Depkes.

Departemen memperingatkan masyarakat terhadap penggunaan produk tersebut di atas dan meminta profesional kesehatan untuk melaporkan setiap keluhan mengenai kualitas produk dengan klaim medis atau efek samping yang dihasilkan dari penggunaan produk tersebut di atas melalui email: PVE@doh .gov.ae

 

Sumber: https://www.gulftoday.ae/news/2022/11/05/doh-warns-of-a-product-for-having-potential-to-cause-cancer

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement