Jumat 04 Nov 2022 21:28 WIB

UMY Inisiasi Lagi Konferensi Internasional ICE3IS

ICE3IS kembali berkolaborasi dengan pembicara utama dari dalam dan luar negeri.

Rep: wahyu suryana/ Red: Hiru Muhammad
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar International Conference on Electronic and Electrical Engineering and Intelligent System (ICE3IS)untuk yang  kedua kalinya.

Acara ini dilaksanakan secara hybrid di Gedung A.R. Fachruddin A dan Zoom Cloud Meetings. ICE3IS diselenggarakan selama dua hari mulai 4-5 November 2022. Untuk ICE3IS 2022 mengusung tema Technological Innovation Efforts for a Better Future.

Baca Juga

Seperti pelaksanaan tahun pertama, ICE3IS kembali berkolaborasi dengan pembicara utama dari dalam dan luar negeri. Antara lain Gunawan Wibisono dari Universitas Indonesia dan Norasmadi bin Abdul Rahim dari Universiti Malaysia Perlis.

Ada pula Sharifah Sakinah binti Syed Ahmad dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka dan Astina Baharum dari Universiti Malaysia Sabah. Secara umum, ICE3IS memang didirikan agar bisa menjadi semacam wadah untuk saling berbagi informasi.

Membahas tentang keberagaman aspek-aspek electrical, biomedical and informatics engineering, computer science, and technology secara lebih mendalam. Sekaligus, menggali keterkaitan antara aspek-aspek tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua ICE3IS 2022, Yessi Jusman mengatakan, acara sukses digelar ditandai lewat dipublikasikannya hasil ICE3IS 2021 di Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Ia berharap, keberhasilan yang sama turut diukir tahun ini.

"Walaupun demikian, ini bergantung kepada seluruh penulis, yang mana mereka diharuskan mengikuti keseluruhan persyaratan kepenulisan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)," kata Yessi, Jumat (4/11).

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Karisma Trinanda Putra berharap, ICE3IS 2022 dapat mendukung mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi. Menciptakan tulisan-tulisan yang dapat dipublikasikan di IEEE. "Generasi muda tidak perlu takut terhadap perkembangan teknologi yang mengarah kepada inovasi-inovasi terbaru," ujar Karisma.

Dekan Fakultas Teknik UMY, Prof Aris Widyo Nugroho menambahkan, tema ICE3IS 2022 Technological Innovation Efforts for a Better Future dapat menjadi kesempatan bagi peneliti. Terutama, untuk menggali lebih dalam ide-ide yang inovatif."Dalam menghasilkan hasil penelitian yang lebih bagus dan bermanfaat," kata Aris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement