Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nauratul Mufidah

Kehidupan yang Sederhana Namun Bermakna

Edukasi | Thursday, 03 Nov 2022, 22:52 WIB

Kehidupan adalah sebuah perjuangan dalam perjalanan seseorang, kadang kehidupan itu tidak selalu berjalan dengan mulus, sama seperti dengan gerakan roda yang berputar. Selain itu juga kehidupan adalah suatu arena pertarungan (perjuangan) agar dapat merebut kebahagiaan dalam berbagai macam wujud. Seperti sebuah perjalanan dari sebuah kelurga yang sangat sederhana sebagai berikut: Hiduplah seorang keluarga yang terdiri dari kakek, nenek, kakak, dan adik. Yang orang tua mereka tidak ada yang tahu pergi kemana, sehingga mereka berdua tinggal bersama kakek nenek nya. Selain itu juga mereka (Kakak berdik) setiap pulang sekolah mulai jam setengah satu siang atau sampai sore mereka jualan donut. Kakek neneknya juga menjual keripik pisang dan keripik singkong kemudian di titipkan diwarung untuk dijualnya. Ketika jualannya habis, uang hasil dari jualannya tersebut digunakan untuk tabungan dan uang jajan mereka dan ketika ada sisanya di kasikan kepada kakek neneknya.

Untuk menciptakan perubahan (dalam arti positif) keberanian jadi satu dalam mental seorang anak, dimulai dari bagaimana keluarga cara mendidiknya. Memang didalam kehidupan ini tak ada yang tidak membutuhkan pengorbanan dan perjuangan baik itu yang buruk bahkan yang baik sekali pun selalu membutuhkan keduanya yakni perjuangan dan pengorbanan. Sejatinya hidup adalah mengajarkan bagaimana agar bisa menjadi pribadi yang tangguh karena ketangguhan yang dimiliki akan membuka jalan dan kesempatan untuk meraih sesuatu yang diinginkan dan juga sesuatu yang bernilai. Kata butuh perjuangan, taka da yang instan didapatkan begitu juga dengan seperti mudahnya kita membolak balikkan telapak tangan kita sendiri, namaun tidak perjuangan yang tidak menuai hasil dan pasti akan mendapatkan yang lebih baik ketika kita mau melakukan prjuangan terlebih dahulu

Sebagai seorang manusia, selalu ingin memiliki apa yang diinginkannya, bahwa melakukan yang terbaik bukanlah sesuatu yang diluar kapasitas kita dan cobalah untuk terus berjuang maka segala keinginan itu akan tercapai dan akan menjadi lebih baik diatas niat yang baik pula dan yang pasti disertai doa dan sujud kepada sang pencipta karena tak ada yang kita lakukan diduni ini tanpa kehendaknya, ingatlah bahwa manusia hanyalah berencana dan tuhanlah yang menciptakannya (mengabulkannya). Pada dasarnya setiap kehidupn yang ada di muka bumi dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan. Adanya perubahan tersebut akan dapat diketahui apabila kita melakukan suatu perbandingan dengan menelaah suatu kehidupan pada masa tertentu dan kemudian membandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan yang terjadi di dalam kehidupan, merupakan suatu proses yang terjadi terus menerus dalam artian bahwa setiap kehidupan pada kenyataannya akan mengalami perubahan

Tetapi perubahan yang terjadi antara kehidupan yang satu dengan kehidupan yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu kehidupan yang mengalami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat. Dengan semakin majunya peradaban maka menuntut semakin banyak as a young akan dilakukan di muka bumi dengan tujuan pemenuhan kebutuhan karya kereatif. Menjadi salah satu sumber masalah dalam kehidupan manusia sebagai penyebab menurunnya mutu lingkungan melalui pencemaran lingkungan, menggangu kehidupan dan juga sebagai salah satu penyumbang gas, efek rumah kaca.

Negara Indonesia sendiri adalah sebuah nagera yang kaya akan sejarah, Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan memiliki sekian banyak sejarah gemilang dimasa lalu. Sebagai negara besar dengan sejumlah kegemilangan sejarahnya mestinya negeri ini bisa menjadi sebuah negeri yang kaya, maju, dan ditakuti oleh bangsa-bangsa lain. Sayangnya, espektasi tersebut masih jauh jika merujuk pada kondisi kehidupan sekarang ini. Meskipun sudah merdeka lebih dari 70 an tahun, ternyata Indonesia masih tidak bisa lepas dari kemiskinan. Bangsa ini juga sering menjadi objek cemoohan bangsa-bangsa lain karena lemahnya pemerintahan. Sebuah kondisi yang sangat ironi ketika kita menoleh kebelakang, betapa kondisi yang dialami oleh bangsa indonesia sekarang ini tdengan lumayan mencerminkan sejarah dimasa lalu.

Masalah demi masalah terus menerpa negeri tercinta ini. Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjadikan negara dengan penduduk kurang lebih sebanyak 250 jiwa ini lekas menjadi lebih baik. Sayangnya, deretan kasus terus bermunculan yang menjadi penyebab terhambatnya pembangunan nasional, seperti kasus korupsi yang sangat sulit untuk dihapuskan. Kesalahan kecil maupun kesalahan besar masih bisa diperbaiki dengan sebaik baiknya, namun pada era globalisasi ini banyak generasi muda indonesia yang kurang faham mengenai hal-hal yang baik, sehingga terjadinya sesuatu yang tidak terduga (diluar nalar)

Semoga kedepannya negeri tercinta ini akan menemukan masa kejayaannya. Semoga korupsi atau sesuatu yang bersifat tidak adil, tidak lagi menjadi momok paling menakutkan sejalan dengan kinerja aparat hukum terkait yang maksimal dan bekerja dengan setulus hati untuk kebaikan negeri ini.KEH

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image