Selasa 01 Nov 2022 21:47 WIB

FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Bergengsi di Kancah Dunia

Keikutsertaan FEB UI sebagai duta UI dalam akreditasi tingkat internasional

Rep: ronggo astungkoro/ Red: Hiru Muhammad
Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro, dalam perayaan Akreditasi Internasional FEB UI di Auditorium Dekanat FEB UI di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (1/11/2022)
Foto: istimewa
Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro, dalam perayaan Akreditasi Internasional FEB UI di Auditorium Dekanat FEB UI di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (1/11/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) memperoleh akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), salah satu penilaian paling bergengsi di dunia untuk sekolah bisnis. Dari sekitar 13.000 sekolah bisnis di dunia, kurang dari enam persen yang telah masuk pengesahaan AACSB mengingat ketatnya proses akreditasi tersebut.

“UI merasakan manfaat keikutsertaan FEB UI sebagai duta UI dalam akreditasi tingkat internasional ini, dengan diterapkannya berbagai proses perbaikan dan peningkatan, inovasi, kerjasama serta kontribusi pada masyarakat, sebagai bagian yang dituntut oleh akreditasi AACSB," ujar Rektor UI, Ari Kuncoro, di Gedung Dekanat FEB UI, Depok, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga

Ari menambahkan, itu semua akan memengaruhi semangat UI dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dia pun berharap keberhasilan itu juga akan mendorong UI dalam pemeringkatan internasional. “Tentu kami berharap keberhasilan ini juga akan  mendorong UI dalam perankingan internasional, sehingga dapat menaikkan pendidikan  Indonesia di kancah dunia,” ujar Ari.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, mengatakan, untuk mendapatkan pengakuan dari AACSB International itu membutuhkan proses panjang. Di mana proses itu merupakan proses perbaikan berkelanjutan bagi institusi yang dipimpinnya.

Dia merinci, terdapat 15 standar yang dinilai dalam proses akreditasi itu. Termasuk di dalamnya penentuan visi misi FEB UI, strategi pengelolaan pendidikan, pengembangan dosen, dan lain-lain.

“Ada 12 program studi yang kami ikutkan dalam proses akreditasi ini sehingga menjadikan FEB UI sebagai fakultas ekonomi dan visnis yang memperoleh akreditasi terbesar (dalam arti jumlah) se-Indonesia sejauh ini,” ujar Teguh.

FEB UI menurutnya telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan kualitas dan mutu pendidikan. Di antaranya menjalin hubungan dengan berbagai pihak dan menghadirkan kontribusi positif dalam 72 tahun kehadiran FEB UI di Indonesia.

Pengakuan internasional itu dia sebut membuat pihaknya lebih bersemangat memasuki usia ke 72 tahun  Dengan itu pula, pihaknya akan terus menjalankan misi untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis."Serta menyiapkan pemimpin yang inklusif, relevan dan bereputasi, yang memiliki tanggung jawab sosial serta mampu menghadapi tantangan global,” tutur Teguh.

Dalam acara pengumuman perolehan akreditasi tersebut hadir pula Executive Vice President AACSB International, Geoff Perry. Dia mengatakan  akreditasi dari pihaknya identik dengan standar kualitas tertinggi sehingga dapat menginspirasi cara berpikir baru dalam pendidikan bisnis secara global

“Kami mengucapkan selamat kepada FEB UI yang telah memperoleh akreditasi AACSB dan memberikan apresiasi kepada Dekan Teguh Dartanto dan seluruh tim fakultas ekonomi dan  isnis atas peran mereka dalam meraih penghargaan yang terhormat ini,”  kata dia.

Selain Geoff, Executive Vice President and Chief Accreditation Officer of AACSB, Stephanie Bryant, pun memberikan apresiasinya terkait pendapaian FEB UI tersebut. Menurut Stephanie, komitmen FEB UI untuk mendapatkan akreditasi merupakan cerminan nyata dari dedikasi terhadap peningkatan kualitas institusi pendidikan.

“Dedikasi tersebut tidak hanya kepada mahasiswa, jaringan alumni, dan komunitas bisnis yang lebih besar, tetapi juga kepada industri pendidikan tinggi secara keseluruhan. Mahasiswa hari ini adalah pemimpin bisnis masa depan, dan penambahan FEB UI ke jaringan sekolah bisnis terakreditasi AACSB akan memiliki dampak positif baik secara lokal maupun global,” kata Stephanie.

Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) FEB UI, Alexandra Askandar, turut menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap almamaternya. Menurut wakil direktur utama Bank Mandiri itu, perolehan akreditasi AACSB merupakan bagian dari perjalanan FEB UI untuk terus selalu melakukan perbaikan berkelanjutan.

"Saya mewakili seluruh alumni FEB UI, mengucapkan selamat kepada seluruh sivitas akademika FEB UI, dan kami sebagai alumni, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari FEB UI akan terus mendukung perjalanan FEB UI ke depannya,” ujar Alexandra.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement