Senin 31 Oct 2022 22:22 WIB

Turki Deportasi Hampir 100 Ribu Migran Ilegal

Sebagian besar migran ilegal yang dideportasi dari Turki berasal dari Afghanistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Friska Yolandha
Migran Suriah Omar Al-Mohammad, istri dan putranya Faruk di distrik Ulus, bagian lama ibu kota Turki, Ankara, Turki, Minggu, 23 Oktober 2022. Jumlah migran ilegal yang dideportasi dari Turki selama 2022 ini meningkat 149 persen menjadi 97.448 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Foto: AP Photo/Burhan Ozbilici
Migran Suriah Omar Al-Mohammad, istri dan putranya Faruk di distrik Ulus, bagian lama ibu kota Turki, Ankara, Turki, Minggu, 23 Oktober 2022. Jumlah migran ilegal yang dideportasi dari Turki selama 2022 ini meningkat 149 persen menjadi 97.448 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Jumlah migran ilegal yang dideportasi dari Turki selama 2022 ini meningkat 149 persen menjadi 97.448 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Migran gelap yang memasuki Turki secara ilegal dideportasi melalui penerbangan sewaan dan terjadwal.

Sebanyak 227 migran gelap dari Afghanistan yang ditahan dalam penahanan administratif di Pusat Penghapusan Kirklareli Pehlivankoy dibawa ke Bandara Istanbul dan dikirim kembali ke negara mereka setelah melewati keamanan di bawah pengawasan unit penegak hukum. Menurut informasi yang diterima dari Direktorat Manajemen Migrasi Kementerian Dalam Negeri, seperti dilansir Daily Sabah, Senin (31/10/2022), ini adalah penerbangan carteran ke-213 ke Afghanistan sejak awal 2022.

Baca Juga

Sejak awal 2022, ada total 55.502 warga Afghanistan yang telah dipulangkan ke negara mereka, termasuk 40.510 yang dipulangkan dengan lebih dari 213 penerbangan carter dan 14.992 melalui penerbangan terjadwal. Selain itu, selama 2022 ini, total 11.025 migran gelap dipulangkan dengan selamat ke Pakistan dengan dua penerbangan carter dan penerbangan berjadwal.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, ada peningkatan 206 persen migran ilegal warga negara Afghanistan, peningkatan 28 persen pada warga negara Pakistan dan peningkatan 180 persen pada orang asing dari negara lain. Jumlah migran gelap yang dideportasi sejak 2016 mencapai 422.957.

Pemulangan dilakukan dengan tingkat keberhasilan jauh di atas rata-rata Eropa. Dalam konteks ini, tingkat keberhasilan deportasi Turki adalah 69 persen, lebih tinggi dari tingkat di Eropa sebesar 10 persen. Sebanyak 242.525 migran gelap dicegah memasuki Turki pada 2022.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan pejabat senior Turki telah menyampaikan, Turki tidak memiliki kewajiban apa pun untuk menjadi tempat yang aman bagi para pengungsi Afghanistan, di tengah perkembangan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban di negara itu tahun lalu.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi para pencari suaka yang mencoba menyeberang ke Eropa untuk memulai kehidupan baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan. Kekhawatiran telah meningkat atas lonjakan migran dari Afghanistan, karena penarikan Amerika Serikat dari negara itu dan kemenangan Taliban berikutnya.

Turki juga melanjutkan upaya untuk meningkatkan keamanan perbatasannya dengan Iran untuk mencegah gelombang migran baru dalam menghadapi perkembangan terakhir di Afghanistan. Tindakan perbatasan yang ditingkatkan di Turki telah menampung hampir 4 juta pengungsi Suriah dan merupakan pos pementasan bagi banyak migran yang mencoba mencapai Eropa.

Saat ini Turki menampung hampir 5 juta pengungsi, lebih banyak dari negara mana pun di dunia. Setelah perang saudara Suriah pecah pada tahun 2011, Turki mengadopsi kebijakan pintu terbuka bagi orang-orang yang melarikan diri dari konflik, memberi mereka status perlindungan sementara.

Warga Afghanistan diyakini sebagai komunitas pengungsi terbesar kedua di Turki setelah warga Suriah. Banyak migran yang tiba melalui Iran menuju Istanbul untuk mencari pekerjaan atau perjalanan ke kota pantai lain untuk berangkat ke Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement