Jumat 28 Oct 2022 17:50 WIB

Timnas Meksiko Coret Chicharito dan Carlos Vela di Piala Dunia 2022

Chicharito merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Meksiko.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Meksiko, Javier Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Khaled Elfiqi
Pemain timnas Meksiko, Javier Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Timnas Meksiko akan kembali bertarung pada kejuaraan Piala Dunia 2022 Qatar. Beberapa persiapan telah dilakukan oleh pelatih Gerardo Martino termasuk memastikan pemain yang masuk ke dalam skuad El Tri.

Menjelang berlangsungnya Piala Dunia 2022, yang dimulai pada 21 November hingga 18 Desember mendatang, seluruh tim kontestan tengah mempersiapkan materi terbaik untuk bisa bertarung pada hajatan terakbar sepak bola. Tak terkecuali, timnas Meksiko. Negara yang bersebelahan dengan Amerika Serikat (AS) itu sudah berpartisipasi sebanyak 16 kali dalam Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali.

Baca Juga

Tahun ini menjadi keikutsertaan El Tri ke-17 dengan prestasi terbaik adalah lolos ke perempat final sebanyak dua kali yakni edisi 1970 dan 1986 silam.

Entrenador Gerardo 'Tata' Martino mengungkapkan daftar awal 31 pemain timnas Meksiko yang akan melakukan perjalanan ke Girona, Spanyol, untuk menjalani dua pertandingan persahabatan sebelum berlaga di Piala Dunia di Qatar.

Akan tetapi dilansir Marca, Kamis (27/10/2022), dua wajah lama yaitu Javier 'Chicharito' Hernandez dari Los Angeles (LA) Galaxy serta Carlos Vela yang memperkuat Los Angeles FC tidak masuk ke dalam skuad El Tri.

Pengumuman daftar awal 31 pemain timnas Meksiko yang tidak mencantumkan nama Chicharito tentu menjadi pertanyaan besar. Pasalnya, sang pemain merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa El Tri.

Bahkan performanya sejak bergabung dengan LA Galaxy dengan mencetak total 17 gol pada musim 2020 dan 18 gol pada tahun 2022 sekaligus membawa LA Galaxy finis di posisi keempat Major Super League (MLS).

Martino memutuskan untuk pergi ke Negara Teluk, Qatar, dengan penyerang seperti Rogelio Funes Mori, Alexis Vega, Henry Martin, Jesus Corona, serta Raul Jimenez.

"Saya akan menunggu hingga menit akhir terkait penyembuhan cedera Jimenez dan Corona sebelum memutuskan apakah mereka akan bergabung dengan tim menuju Qatar," kata Martino menjelaskan.

Dalam kualifikasi serta pertandingan persahabatan sebelumnya, area perhatian terbesar El Tri adalah di sepertiga akhir, alias soal mencetak gol ke gawang lawan. Tetapi persoalan internal antara Martino dengan eks pemain Manchester United, Chicharito, membuat sang striker keluar dari daftar pemain.

Memang tak dapat dimungkiri apabila kehadiran Chicharito di lini depan El Tri secara tepat dapat memperbaiki persoalan sepertiga akhir. Tetapi, menanggalkan Chicharito dari skuad menunjukkan nihilnya rasa hormat kepada striker 34 tahun itu telah banyak membantu El Tri dan pernah merumput dengan membela klub seperti Man United pun Real Madrid.

sumber : Marca
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement