Kamis 27 Oct 2022 20:26 WIB

Kesuksesan Timnas Putri Inggris di Piala Eropa Jadi Inspirasi The Three Lions di Qatar

Harry Kane sadar tantangan besar yang akan dihadapi Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Penyerang timnas Inggris Harry Kane
Foto: EPA-EFE/VINCENT MIGNOTT
Penyerang timnas Inggris Harry Kane

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penyerang timnas Inggris Harry Kane mengakuim keberhasilan timnas putri Inggris di Piala Wanita Eropa 2022 dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi buat the Three Lions kala merumput di Piala Dunia 2022. Lionesses, julukan timnas putri Inggris, menjadi yang terbaik dalam gelaran Euro Wanita 2022, akhir Juli silam.

Pada laga final yang dihelat di Stadion Wembley, Leah Williamson dan kawan-kawan mengatasi perlawanan Jerman, 2-1. Gol kemenangan Lionesses di laga itu dicetak Chloe Maggy Kelly pada babak perpanjangan waktu. 

Baca Juga

Ini menjadi gelar bergengsi pertama buat Inggris di turnamen mayor sepak bola internasional dalam 56 tahun terakhir. Kane pun mengaku ikut bangga dengan pencapaian Lionesses tersebut. Prestasi ini, ujar penyerang Tottenham Hotspur, itu dapat menjadi motivasi dan inspirasi tambahan buat ia dan rekan-rekannya di Qatar, bulan depan. 

"Benar-benar membanggakan bisa melihat Lionesses bisa menjadi juara. Tentu saja, Leah (Williamson) dan rekan-rekan telah melakukan pekerjaan luar biasa. Buat kami, hal itu dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk bisa meraih kesuksesan di Piala Dunia,'' ujar Kane kepada BBC, Jumat (27/10/2022). 

Kendati begitu, kapten timnas Inggris itu juga sadar tantangan berat yang harus dihadapi the Three Lions di Qatar 2022. "Kami tahu, hal itu tidak akan mudah. Kami masih harus bekerja keras untuk bisa meraih kesuksesan itu. Namun, seluruh pihak di negara ini akan berada di belakang kami, seperti saat mereka mendukung timnas putri,'' kata pengoleksi 51 gol dari 75 caps bersama Inggris.

The Three Lions akan memulai kiprah di edisi perdana Piala Dunia di kawasan Timur Tengah itu pada 21 November. Iran menjadi lawan pertama yang dihadapi Inggris di laga pembuka penyisihan Grup B, yang bakal digelar di Stadion Internasional Khalifa , Al Rayyan. 

Kendati babak belur di UEFA Nations League musim ini, tim besutan Gareth Southgate itu terbilang mampu tampil apik di dua turnamen besar terakhir di pentas sepak bola internasional. Di Piala Dunia 2018, Inggris finis peringkat ketiga. Sedangkan di Euro 2020, The Three Lions melaju hingga ke babak final sebelum akhirnya dipaksa mengakui keunggulan Italia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement