Sabtu 22 Oct 2022 05:55 WIB

Turki Kutuk AS yang Ancam dan Intimidasi Saudi Soal Produksi Minyak

Sanksi perlu dicabut jika dunia ingin harga minyak turun, kata menteri luar negeri Turki - Anadolu Agency

Turki pada Jumat (21/10/2022) mengutuk kecaman Amerika Serikat (AS) terhadap Arab Saudi atas keputusan Riyadh pada OPEC+ yang memangkas produksi minyak.
Turki pada Jumat (21/10/2022) mengutuk kecaman Amerika Serikat (AS) terhadap Arab Saudi atas keputusan Riyadh pada OPEC+ yang memangkas produksi minyak.

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Turki pada Jumat (21/10/2022) mengutuk kecaman Amerika Serikat (AS) terhadap Arab Saudi atas keputusan Riyadh pada OPEC+ yang memangkas produksi minyak.

Berbicara pada konferensi pers di provinsi Mersin selatan, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menjuluki kritikan AS itu sebagai "intimidasi," ketika Ankara memberikan dukungannya kepada Riyad dalam masalah ini.

"Kami melihat bahwa sebuah negara (AS) mengancam Arab Saudi, dan intimidasi ini tidak benar," kata dia.

Sanksi perlu dicabut jika dunia ingin harga minyak turun, kata menlu Turki, menambahkan bahwa masalah tidak dapat diselesaikan dengan "mengancam satu negara (Arab Saudi)."

"Seluruh dunia membutuhkan minyak dan gas alam Venezuela. Ada juga embargo minyak Iran. Jika ingin harga minyak turun, maka cabut sanksi," ujar dia.

Pada 5 Oktober, Arab Saudi, yang memimpin organisasi OPEC+, memberikan suara mendukung pengurangan produksi minyak sekitar 2 juta barel per hari, dan Gedung Putih menuduh bahwa mereka tidak hanya memberikan dukungannya tetapi juga memberi tekanan pada negara-negara lain untuk mengikutinya.

Sementara Presiden AS Joe Biden secara vokal mengkritik Arab Saudi dan memperingatkan konsekuensi yang akan datang, namun dia belum mengungkapkan bentuk tanggapannya.

Pemotongan produksi minyak juga diberlakukan hampir sebulan sebelum pemilihan paruh waktu AS, di mana Demokrat tampaknya rentan kehilangan suara karena harga gas yang lebih tinggi di negara dengan inflasi tinggi.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-kritik-as-karena-menindas-arab-saudi-soal-pengurangan-pasokan-minyak/2717482
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement