Demer Ungkap Ratusan Anak Muda Ternyata Minat Jadi Pengekspor

Demer terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM Bali

Senin , 17 Oct 2022, 15:17 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer terkejut dengan antusias dan minat ratusan lebih anak muda yang mendaftar dalam acara acara Forum Koordinasi Pengembangan Ekspor Fasilitasi UKM Go Global di Denpasar Bali, Jumat 14 Oktober 2022. (ilustrasi)
Foto: DPR
Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer terkejut dengan antusias dan minat ratusan lebih anak muda yang mendaftar dalam acara acara Forum Koordinasi Pengembangan Ekspor Fasilitasi UKM Go Global di Denpasar Bali, Jumat 14 Oktober 2022. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer terkejut dengan antusias dan minat ratusan lebih anak muda yang mendaftar dalam acara acara Forum Koordinasi Pengembangan Ekspor Fasilitasi UKM Go Global di Denpasar Bali, Jumat 14 Oktober 2022 yang digelar Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

“Ini menggembirakan hati saya, yang awalnya saya perkirakan 100 orang, namun ternyata yang daftar mencapai 170 orang yang berminat mendengar dan menimba ilmu tentang ekspor ini. Semoga negara kita mampu lebih banyak dalam mengekspor produknya sehingga kita berjaya, perdagangan kita bisa positif, akhirnya Indonesia akan maju, terutama Bali,” ungkap Demer pada Jumat (14/10/2022) lalu.

Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM Bali agar bisa Go Global dan termbus pasar ekspor. Acara tersebut membahas bagaimana cara-cara ekspor maupun bagaimana cara agar produk UMKM bisa menjadi komoditas ekspor.

Demer mengatakan pihaknya ingin memberikan edukasi dan pemahaman kepada para peserta pelaku UMKM yang rata-rata anak muda yang benar-benar ingin menjadi pemasar dan pengekspor yang tangguh.

“Saya mengadakan seminar bareng dengan Departemen Perdagangan di Denpasar, yaitu membahas bagaimana cara-cara ekspor maupun bagaimana menjadi produk yang bisa menjadi komoditas ekspor bersama dengan teman-teman dari perdagangan, termasuk juga dari Eksport Center Surabaya dan juga praktisi yang akan menerangkan kepada para peserta yang rata-rata saya lihat  anak muda , yang benar-benar ingin mengembangkan dirinya untuk menjadi pemasar yang tangguh, untuk menjadi pengekspor yang Tangguh,” harap Politikus Senior Partai Golkar tersebut.

Acara tersebut diikuti ratusan peserta dari kalangan pelaku UMKM dan mahasiswa, tampak hadir pula Tokoh Milenial Bali, Pengusaha Muda yang juga bakal calon DPD RI dari Bali, Arsa Linggih.

Demer berharap UMKM Indonesia, khususnya Bali, bisa lebih banyak lagi dalam mengekspor produknya, sehingga perdagangan bisa tumbuh positif dan pada akhirnya Indonesia bisa maju terutama Bali.

Menurut Demer orang Bali sangat kreatif dan inovatif, sehingga ia yakin orang Bali akan mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif dan kreatif mengikuti perubahan zaman yang nantinya akan diminati seluruh dunia.