Sabtu 15 Oct 2022 11:02 WIB

Konser Dewa 19 akan Dikemas dengan Konsep Philharmonic Orchestra

'Philharmonic' setingkat lebih tinggi dari orkestra yang diiringi minimal 52 pemusik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Personel Dewa 19 Ahmad Dhani.
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Personel Dewa 19 Ahmad Dhani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertema ‘A Night at The Orchestra’, konser Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra bersama Dewa 19 terinspirasi dari album keempat Queen, A Night at the Opera. Philharmonic ini setingkat lebih tinggi di atas orkestra biasa karena harus diiringi oleh minimal 52 pemusik.

“Sejak album Dewa Bintang Lima, memang sudah banyak menyentuh orkestra tapi belum philharmonic,” ujar Ahmad Dhani dalam konferensi pers yang digelar di CGV FX Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

Secara rinci, para pemain violin nanti akan ada minimal 23 orang, viola 12 orang, pemain cello enam orang, pemain bass akustik gesek enam orang, dan beberapa pemain woodwind instrument seperti flute, clarinet, oboe, english horn, terompet, dan saxophone, serta di bagian percussion akan ada pemain timpani.

Bagi dia, musik orkestra merupakan budaya barat yang baik dan harus dimiliki oleh negara-negara, sehingga perlu ada satu kelompok musik orkestra nasional. “Kalau sebuah negara belum punya orkestra, artinya belum berbudaya, masih level standar,” ucap Dhani lagi.

Ia juga menyebutkan aturan khusus untuk menghadiri philhamonic orchestra arahannya ini, yakni wajib berpakaian rapi, bagi lelaki diharuskan memakai jas hingga dasi dan bagi perempuan diharuskan memakai gaun. Maknanya, ia ingin menerapkan bagaimana caranya menghargai musik orkestra.

“Saya ingin membudayakan musik orkestra ke masyarakat. Perbedaannya dengan pagelaran orkestra lain tidak memaksakan penonton berbaju rapi, kalau yang kali ini, panitia memaksa mengharuskan penonton memakai jas hitam, celana hitam, dan berdasi, perempuannya harus memakai gaun,” papar Dhani.

Konser orkestra ini akan sangat menarik karena ini pertama kalinya Dewa 19 mengadakan konsep konser seperti ini, lalu akan ada Ari Lasso, Mulan Jameela, dan Hanin Dhiya yang ikut memeriahkan. Penonton juga dibatasi hanya 1.200 orang karena menonton orkestra memang tidak bisa ramai.

Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra akan digelae 25 November 2022 di Balai Sarbini Jakarta. Untuk pemesanan tiket mulai bisa dibeli sejak 17 Oktober 2022 melalui dua platform, Ultra Voucher dan Dewa Tiket. 

“Nanti akan ada kedua, ketiga, keempat, kalau sukses, kita akan adakan setiap bulan di seluruh Jakarta,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement