Kamis 13 Oct 2022 19:55 WIB

Orang yang Meninggal akan Kembali Berkumpul dengan Keluarga Kelak di Alam Barzah?

Kadar amal akan pengaruhi bertemu tidaknya keluarga kelak di alam barzah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi ziarah orang meninggal. Kadar amal akan pengaruhi bertemu tidaknya keluarga kelak di alam barzah.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi ziarah orang meninggal. Kadar amal akan pengaruhi bertemu tidaknya keluarga kelak di alam barzah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Ada lima alam yang dilalui manusia. Yakni alam arwah, alam rahim, alam dunia, alam barzah, dan alam akhirat. 

Setelah manusia mati, maka fase selanjutnya adalah memasuki alam barzah. Lalu apa yang terjadi pada manusia ketika di alam barzah? Apakah orang-orang yang sudah meninggal bisa berkumpul dengan keluarganya di alam barzah?   

Baca Juga

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Iman Krejengan Probolinggo yang juga pimpinan Majelis Ahbaabul Musthofa Probolinggo, Habib Hasan bin Ismail Al Muhdhor, mengatakan alam barzah menjadi tempat yang penuh kenikmatan bagi orang-orang yang semasa hidup di dunianya beriman dan taat. 

Namun alam barzah juga menjadi tempat dari awalnya siksa dan kesengsaraan yang diterima bagi orang-orang yang semasa hidup di dunia ingkar pada Allah SWT dan Rasul-Nya SAW. 

Karena itu menurut Habib Hasan alam barzah menjadi kebun surga bagi orang yang taat atau menjadi kebun neraka bagi orang yang jauh dari Allah SWT dan Rasul-Nya SAW.

Menukil keterangan Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, Habib Hasan mengatakan roh orang-orang saleh setelah meninggal akan bertemu dengan roh keluarga dan orang-orang terdekatnya yang sama-sama saleh di alam barzah. 

Mereka akan saling bertanya kabar di alam barzah. Habib Hasan mengatakan setelah meninggal, keadaan orang saleh di alam barzah akan menjadi tamu dari penghuni barzah lainnya. 

Selama 40 hari, dia akan dikunjungi oleh guru-gurunya, keluarga dan kerabatnya yang sama-sama mendapat nikmat barzah. 

Baca juga: Dihadapkan 2 Pilihan Agama Besar, Mualaf Anita Yuanita Lebih Memilih Islam

Lalu para penghuni barzah itu akan bertanya kabar dan menanyakan pada orang saleh yang baru meninggal itu tentang keadaan orang-orang yang masih hidup.  

Akan tetapi, roh orang saleh tidak akan bertemu dengan keluarganya atau kerabatnya yang telah meninggal bila keluarga atau kerabatnya itu bukan orang saleh. Sebab mereka tengah merasakan pedihnya siksa barzah.   

"Orang-orang saleh tidak bisa berkunjung ke tempat orang-orang yang dimurkai Allah SWT. Jika Anda orang saleh dan keluarga Anda orang saleh maka siapa yang meninggal duluan dan ada yang meninggal setelahnya, akan didatangi. Maka berkumpul, akan ditanya dan seterusnya. Tapi jika salah satu tidak saleh, maka tidak bisa ketemu. Satu di alam barzah sebagai Raudhatul Jannah, satu di alam barzah jurang neraka," kata Habib Hasan Al Muhdhor dalam program tanya jawab TV Al Wafa Tarim beberapa hari lalu.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement