Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Jelang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2022, Tim Indonesia Dapat Pembekalan Motivasi

Jumat 07 Oct 2022 19:09 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

Foto: . ANTARA/Hafidz Mubarak A
Indonesia bertekad mempertahankan gelar Piala Suhandinata yang direbut pada 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim bulu tangkis junior Indonesia yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Junior 2022 resmi dikukuhkan dan dilepas Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) pada Jumat (7/10/2022) di markas Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. Pengukuhan dan pelepasan dipimpin langsung Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna.

Kejuaraan Dunia Junior 2022 akan berlangsung pada 17-22 Oktober untuk nomor beregu yang memperebutkan Piala Suhandinata dan 24-30 Oktober untuk nomor perorangan. Ajang tertinggi level junior ini dilangsungkan di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol.

Baca Juga

Indonesia berkekuatan 10 pemain putra dan 10 pemain putri di nomor beregu dan 28 pemain di nomor perorangan. Agung berharap para pemain junior ini menunjukkan tekad dan kemampuan yang kuat untuk mencapai prestasi maksimal.

"Dengan ini saya melepas tim junior Indonesia ke Kejuaraan Dunia Junior 2022. Semoga pemain masa depan ini mampu memberikan prestasi yang maksimal. Bertandinglah untuk menang," ujar Agung.

Sementara itu, manajer tim Eddy Prayitno mengungkapkan skuadnya dalam kondisi prima dan sudah siap bertanding. Lolos dari penyisihan grup menjadi target awal sebelum membidik target yang lebih tinggi, yaitu mempertahankan gelar Piala Suhandinata yang direbut Garuda Muda tahun 2019 lalu.

"Tim ini kemarin sudah menjalani pertandingan di Yogya selama dua pekan dan hasilnya cukup meyakinkan. Analisa kami semua sudah siap bertanding dan siap juara," ujar Eddy dalam rilis PBSI. "Untuk target, pertama yang pasti kami harus lolos grup dahulu. Setelah itu baru ke target yang lebih tinggi. Mempertahankan gelar."

Di Kejuaraan Dunia Junior 2022 nomor beregu, Indonesia tergabung di Grup A bersama Malaysia, Swedia, dan Latvia. Tim akan bertolak ke Spanyol pada Kamis (14/10/2022) dini hari WIB mendatang.

Sebelum dilepas, tim junior ini diberikan beberapa pembekalan untuk menambah semangat. Di antaranya, pembekalan peraturan pertandingan oleh Zainal Abidin (referee nasional), penanganan cedera oleh Prof Dr dr Nicolaas C. Budhiparama, PhD, SpOT (K), FICS (dokter PBSI), hingga sesi motivasi oleh motivator kenamaan Andrie Wongso.

Sekitar 90 menit, Andrie sukses membakar semangat para pemain dan pelatih untuk terus menanamkan jiwa pemenang, jiwa juara yang tidak mudah menyerah. Diharapkan ini tertanam terus di diri masing-masing. "Saya berpesan agar para pemain terus memiliki sikap sang juara. Yaitu, berpikir sebagai juara, berucap sebagai juara, bemental sebagai juara, berlatih sebagai juara, dan berjuang sebagai juara," tegas Andrie.

Alwi Farhan, pebulu tangkis tunggal putra yang menjadi motor tim Indonesia, mengaku pembekalan itu sangat bermanfaat.

"Istilah kata ada suntikan motivasi dan menambah ilmu kita semua dalam hal pertandingan dan juga penanganan cedera," jelas Alwi Farhan. "Secara persiapan baik fisik, teknik maupun mental Insya Allah sudah siap. Saya dan tim juga siap untuk selalu memberikan yang terbaik. Menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk mempertahankan gelar Piala Suhandinata. Bukan malah menjadi sebuah beban."

Selain untuk tim junior, pembekalan dan pelepasan ini juga ditujukan kepada tim yang akan berlaga di tiga tur Eropa (Denmark Open 2022, French Open 2022, dan Hylo Open 2022) dan dua turnamen di Malang, Jawa Timur.

Berikut skuad Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2022 (Suhandinata Cup):

Putra:

1.  Alwi Farhan

2.  Bodhi Ratana Teja Gotama

3.  Muhammad Reza Al Fajri

4.  Prahdiska Bagas Shujiwo

5.  Raymond Indra

6.  Daniel Edgar Marvino

7.  Rayhan Nur Fadillah

8.  Muh. Putra Erwiansyah

9.  Rafli Ramanda

10. Zaidan Arrafi Nabawi

Putri:

1.  Ester Nurumi Tri Wardoyo

2.  Tasya Farahnailah

3.  Mutiara Ayu Puspitasari

4.  Deswanti Hujansih Nurtertiati

5.  Rachel Allessya Rose

6.  Meilysa Trias Puspitasari

7.  Anisanaya Kamila

8.  Az Zahra Ditya Ramadhani

9.  Az-Zahra Putri Dania

10. Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA