Jumat 07 Oct 2022 15:12 WIB

Telkom University Jalin Kemitraan dengan Microsoft Realisasikan Konsep Kampus Digital

Telkom University bertujuan terus berkontribusi bagi bangsa melalui talenta digital

Telkom University (Tel-U) dan Microsoft Indonesia baru saja menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong percepatan Tel-U sebagai kampus digital.
Foto: Dok istimewa
Telkom University (Tel-U) dan Microsoft Indonesia baru saja menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong percepatan Tel-U sebagai kampus digital.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Telkom University (Tel-U) dan Microsoft Indonesia baru saja menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong percepatan Tel-U sebagai kampus digital. Selain melalui eksplorasi penggunaan teknologi Microsoft di platform Center of Learning Open Education (CeLOE) Tel-U guna meningkatkan kualitas pengalaman belajar hybrid, kolaborasi juga akan dilakukan melalui optimalisasi Microsoft Office 365 dalam aktivitas belajar mengajar dan kegiatan operasional, serta optimasi platform Microsoft Azure untuk menjalankan dan modernisasi aplikasi seluler MyTelU.

Rektor Tel-U Prof Dr Adiwijaya, SSi, MSi, mengatakan Telkom University bertujuan untuk terus berkontribusi bagi bangsa melalui talenta digital di dalamnya. Melalui kerja sama ini, diharapkan semakin memperkuat Tel-U dalam mewujudkan mimpi bangsa Indonesia.

Baca Juga

“Kami berharap kerja sama ini tidak hanya memberikan benefit untuk masing-masing institusi tapi lebih luas lagi dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” ucapnya, seperti dalam siaran pers, Jumat (7/10/2022).

Dalam percepatan transformasi Tel-U sebagai kampus digital, pengelolaan data secara terintegrasi memainkan peranan penting. Oleh karena itu, salah satu bidang kolaborasi lain yang dikedepankan melalui nota kesepahaman ini adalah pengembangan konsep Tel-U Satu Data. Makna dari Tel-U Satu Data adalah bagaimana Tel-U dapat membangun tempat penyimpanan data virtual yang konsisten agar dapat mengambil keputusan berbasis data secara lebih efisien, serta memvisualisasikan data secara lebih mudah dengan menggunakan teknologi Microsoft.

“Modernisasi pendidikan merupakan salah satu elemen fundamental yang perlu kita akselerasi bersama dalam mendukung percepatan Indonesia menuju Indonesia Digital. Modernisasi di sini dapat kita lihat dari berbagai aspek. Mulai dari sistem kegiatan belajar mengajar secara hybrid, inovasi cara kerja dan belajar seperti melalui pembuatan aplikasi, proses administrasi dengan dukungan teknologi, hingga kegiatan operasional berbasis data. Kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Tel-U untuk mendorong percepatan Tel-U sebagai kampus digital. Melalui kampus digital, kita akan dapat menyelaraskan perkembangan dunia pendidikan dengan industri. Tidak hanya itu, kita juga akan dapat menghasilkan lulusan dengan kapabilitas dan keterampilan digital mumpuni, yang siap bekerja sesuai standar perusahaan teknologi kelas dunia,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir.

Dalam percepatan ini, menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengoptimalisasi penggunaan teknologi juga penting dilakukan. Oleh karena itu, Tel-U dan Microsoft telah merumuskan kolaborasi khusus di bidang pemberdayaan talenta digital. Dalam ranah ini, Microsoft akan memberikan berbagai program pelatihan digital bagi karyawan Tel-U, sementara Tel-U akan mendukung penyertaan sertifikasi internasional Microsoft pada program studi yang dianggap relevan. Harapannya, kolaborasi yang terjalin akan memiliki andil dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja maupun industri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement