Kamis 06 Oct 2022 19:10 WIB

Bayer Leverkusen Tunjuk Xabi Alonso Sebagai Pelatih

Xabi Alonso menggantikan Gerardo Soane yang dipecat Leverkusen.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Xabi Alonso menjadi pelatih baru klub Jerman, Bayer Leverkusen.
Foto: EPA/KIKO HUESCA
Xabi Alonso menjadi pelatih baru klub Jerman, Bayer Leverkusen.

REPUBLIKA.CO.ID, LEVERKUSEN -- Bayer Leverkusen menunjuk mantan gelandang Real Madrid Xabi Alonso sebagai pelatih baru menggantikan Gerardo Soane yang dipecat. Leverkusen menjalani awal musim yang buruk dengan hanya mencatatkan lima poin dalam delapan pertandingan dan duduk di posisi kedua terbawah klasemen sementara Bundesliga Jerman.

Leverkusen langsung memecat Seoane setelah kalah 0-2 dari FC Porto dalam pertandingan Liga Champions. Dengan cepat Leverkusen menunjuk mantan bintang Bayern Muenchen itu sebagai penggantinya.

Baca Juga

"Bayer 04 Leverkusen telah berpisah dengan pelatih kepala Gerardo Seoane. Ia diganti oleh Xabi Alonso yang memiliki kontrak hingga 30 Juni 2024," demikian pernyataan klub dilansir dari Tribalfootball, Kamis (6/10/2022).

Direktur Olahraga Bayer Leverkusen Simon Rolfes menyampaikan alasan pemecatan Seoane. Klub menilai kinerjanya musim ini tak mampu membawa kesuksesan kepada tim. Ia mencontohkan Leverkusen tersingkir lebih awal di Piala DFB.

Namun hal yang paling mengecewakan klub adalah posisi Leverkusen di papan klasemen Bundesliga saat ini. Ia menegaskan berada di posisi kedua terbawah tak sesuai dengan harapan klub. Kendati demikian Rolfes mengapresiasi kinerja Seoane selama ini.

"Gerardo Seoane telah melakukan pekerjaan yang baik untuk Bayer 04 selama satu setengah tahun terakhir, terutama dengan kualifikasi yang luar biasa untuk Liga Champions," katan Rolfes.

Xabi tak asing lagi dengan kompetisi Bundesliga karena pernah sukses bersama Muenchen. Ia juga pemain sukses di Liga Champions bersama Muenchen, Real Madrid, dan Liverpool. Mantan pahlawan timnas Spanyol saat menjadi juara Piala Dunia 2010 itu meninggalkan posisinya sebagai pelatih Real Sociedad B akhir musim lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement