Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Skin Barrier Perlu Dijaga tidak Hanya dari Luar Saja

Kamis 06 Oct 2022 18:45 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat. Memelihara skin barrier dan bebas dari stres sangat efektif menjadikan kulit lebih sehat, halus, dan terasa kenyal.

Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat. Memelihara skin barrier dan bebas dari stres sangat efektif menjadikan kulit lebih sehat, halus, dan terasa kenyal.

Foto: www.freepik.com
Ada banyak cara untuk menjaga skin barrier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokter spesialis kulit Arini Widodo mengatakan ada kiat mudah menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier). Ia menjelaskan bahwa skin barrier tidak hanya dapat dijaga dari luar saja, tetapi juga harus dari dalam.

"Salah satu alternatif produk perawatan kulit untuk skin barrier yang baik adalah penggunaan produk yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan," kata dr Arini dalam acara jumpa pers peluncuran The Body Shop Edelweiss Daily Serum Concentrare di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga

Dr Arini mengatakan bahwa memelihara skin barrier dan bebas dari stres sangat efektif menjadikan kulit lebih sehat, halus, dan terasa kenyal. Kemudian, produk-produk dengan kandungan antioksidan juga dapat mengurangi proses oksidasi pada kulit.

"Praktik-praktik seperti mindfulness, self-love, dan peduli terhadap kesehatan mental juga sangat diperlukan untuk ketahanan kulit dari dalam," ujar dr Arini.

Menurut dr Arini, ada banyak cara menjaga ketahanan kulit. Namun, dia menyarankan untuk fokus mencari tahu penyebab kerusakan ketahanan kulit terlebih dahulu.

"Cari tahu pemicu yang bisa merusak skin barrier, jangan mau betulin tapi pemicu ada terus," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA