Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Cara Jaga Kualitas Cat Mobil tanpa Body Painting

Kamis 06 Oct 2022 16:26 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

'Body painting' biasanya dipaka untuk memperindah tampilan cat mobil.

'Body painting' biasanya dipaka untuk memperindah tampilan cat mobil.

Foto: www.piqsels.com
'Body painting' biasanya dipaka untuk memperindah tampilan cat mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sejumlah pengendara mobil, tampilan cat pada body adalah hal yang sangat diperhatikan. Hal itu pun membuka peluang bagi industri body painting.

Tapi, kini pengendara juga bisa meningkatkan kualitas tampilan body dengan stiker yang didesain untuk membalut permukaan body mobil. Research and Development Maxdecal, Nofian Hendra mengatakan, saat ini telah terdapat beberapa produk stiker yang dihadirkan khusus sebagai body wrapping.

Baca Juga

"Maxdecal sendiri menawarkan stiker untuk body wrapping dengan kualitas yang meyerupai cat mobil tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu produk andalan kami adalah Maxdecal 9800 Series yang hadir dengan teknologi anti gores atau superior scratch-resistant dan anti gelembung," kata Nofian kepada Republika.co.id saat dijumpai dalam Indonesia Modification Expo (IMX) yang digelar di Jakarta akhir pekan lalu.

Lewat stiker ini, pengendara bisa meningkatkan kualitas tampilan body mobil tanpa harus melakukan pengecatan. Menurutnya, salah satu keunggulan body wrapping adalah karena proses pengerjaan yang lebih cepat dan lebih murah dibanding body painting.

Untuk body wrapping dengan Maxdecal, biaya yang diperlukan adalah mulai dari Rp 8 juta. Proses pengerjaanya sendiri bisa dilakukan dalam waktu sekitar 2 hari saja. Saat ini, Maxdecal sendiri hadir dengan opsi lebih dari 100 warna sesuai kebutuhan dan selera konsumen.

"Stiker ini menggunakan perekat yang telah disesuaikan dengan iklim di Indonesia sehingga memiliki daya rekat yang tahan lama meski terkena panas dan hujan. Perekatnya pun bersifat removeable sehingga saat stiker dikelupas maka lem dalam stiker itu tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan body," ucapnya.

Produk ini juga termasuk dalam stiker automotive grade karena lentur sehingga bisa diterapkan dalam beragam lekukan body mobil. Selain itu, stiker Maxdecal juga jadi stiker dengan kualitas zero orange peel surface sehingga permukaanya sangat halus karena menggunakan material liner dari polyethylene terephthalate (PET) khusus.

Oleh karena itu, ia menilai stiker dengan daya tahan material sekitar 5 hingga 7 tahun ini bisa jadi altenatif bagi pengendara yang ingin menjaga tampilan kendaraan.

"Stiker ini sangat cocok untuk pengendara yang ingin menjaga kualitas cat original karena dengan body wraping maka cat mobil bisa terlindungi. Nah, bagi yang gemar melakukan modifikasi, produk ini juga bisa jadi solusi untuk melakukan ubahan warna sesuai dengan selera masing-masing," ujar dia.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA