Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Cegah Osteoporosis, Emil Dardak Ingatkan Generasi Muda Jangan Mager

Kamis 06 Oct 2022 14:24 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Christiyaningsih

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak generasi muda jangan mager demi cegah osteoporosis. Ilustrasi.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak generasi muda jangan mager demi cegah osteoporosis. Ilustrasi.

Foto: istimewa
Emil ingatkan jangan jadi kaum rebahan dan harus aktif demi cegah osteoporosis.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung gerakan membangun kesadaran bersama akan pentingnya kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis yang digalakkan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi). Emil mengatakan upaya pencegahan sedini mungkin menjadi salah satu langkah tepat menurunkan angka osteoporosis.

Menurut Emil, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melaksanakan olah raga agar tulang terlatih sehingga menjadi lebih kuat. "Jangan mager (malas gerak), apalagi saat ini apa-apa sudah bisa dilakukan menggunakan handphone. Jangan hanya jadi kaum rebahan," kata Emil, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga

Selain olahraga, lanjut Emil, cara yang perlu dilakukan dalam memelihara kesehatan tulang adalah dengan asupan nutrisi bagi tubuh. Menurutnya, masih banyak ditemukan fenomena di masyarakat, konsumsi makanan yang dilakukan tidak memiliki kontribusi bagi kesehatan tubuh.

"Kadang kita merasa kenyang, apa yang masuk ke dalam tubuh alangkah baiknya juga harus bermanfaat bagi kesehatan. Kita jaga pola hidup bersih pula, sehingga dijauhkan dari osteoporosis," ujar Emil.

Dia berharap gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis yang diinisiasi Perwatusi dapat membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk memahami bahaya osteoporosis sejak dini. "Ini diharapkan agar generasi yang lebih muda, sudah mulai ada kesadaran. Gizi harus bagus dan jangan rebahan saja," kata Emil.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA