Kamis 06 Oct 2022 12:19 WIB

Kemenkeu: Butuh Dana Rp 6.445 Triliun untuk Bangun Infrastruktur Hingga 2024

APBN hanya mampu memenuhi 37 persen dari total kebutuhan pendanaan infrastruktur.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Pembangunan infrastruktur, ilustrasi
Pembangunan infrastruktur, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp 6.445 triliun digunakan pembangunan infrastruktur di Indonesia sepanjang 2020 sampai 2024. Adapun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hanya mampu memenuhi sebesar 37 persen dari total kebutuhan pendanaan infrastruktur tersebut.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban mengatakan pembangunan infrastruktur ini sangat penting untuk mengoptimalkan potensi lain yang dimiliki Indonesia yaitu pertumbuhan ekonomi yang baik dan jumlah penduduk yang banyak.

Baca Juga

"Dalam rangka mengejar pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, kita tahu pembangunan infrastruktur butuh pendanaan besar," ujarnya saat webinar dikutip Rabu (6/10/2022).

Menurutnya anggaran infrastruktur mencakup badan usaha milik negara (BUMN) akan mengisi kebutuhan pendanaan pembiayaan infrastruktur itu dengan porsi sebesar 21 persen. Sedangkan porsi 42 persen dari total kebutuhan pendanaan pembangunan infrastruktur dari 2020 sampai 2024 akan dipenuhi swasta.

"APBN tidak cukup untuk memenuhi itu semua. APBN hanya sekitar 37 persen dan BUMN 21 persen, sehingga kita harapkan swasta bisa memenuhinya," ucapnya.

Rionald menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia konsisten di atas lima persen selama kurun waktu 2016 sampai 2022, kecuali ketika mengalami krisis pandemi Covid-19. Meski ekonomi Indonesia sempat berkontraksi selama pandemi Covid-19, namun saat ini PDB riil telah kembali ke level prapandemi karena didukung oleh konsumsi, investasi, ekspor, dan manufaktur.

Pemerintah pun telah berani menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun depan sebesar 5,3 persen, sehingga menandakan bahwa masa pemulihan di Indonesia semakin terakselerasi. Kemudian, pembangunan infrastruktur akan mengoptimalisasi sebanyak 165 juta middle class dan aspiring middle class yang memiliki potensi sebagai motor pertumbuhan ekonomi.

“Dari potensi proyek domestik, potensi proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan sepanjang 2020-2024 sebesar Rp 541 triliun,” ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement