Kamis 06 Oct 2022 09:21 WIB

Universitas BSI Melalui Prodi Sistem Informasi Akuntansi Ajak Mahasiswa Ikuti Program MBKM

Persyaratan umum MBKM diantaranya mahasiswa berasal dari prodi yang terakreditasi

Sri Wasiyanti selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor. Sri menjelaskan bahwa sosialisasi ini diadakan guna persiapan dan pembekalan sistem dan konsepsi program MBKM, terkait dengan tata tertib dan aturan MBKM.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Sri Wasiyanti selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor. Sri menjelaskan bahwa sosialisasi ini diadakan guna persiapan dan pembekalan sistem dan konsepsi program MBKM, terkait dengan tata tertib dan aturan MBKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dorong mahasiswa agar kuasai berbagai keilmuan untuk membekali dunia kerja, program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) ajak mahasiswa ikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Prodi Sistem Informasi Akuntansi sukses melaksanakan sosialisasi program MBKM pada, Jumat (30/9/2022) silam.

Dipandu oleh Sopian Aji, narasumber yang dihadirkan ialah Sri Wasiyanti selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor. Sri menjelaskan bahwa sosialisasi ini diadakan guna persiapan dan pembekalan sistem dan konsepsi program MBKM, terkait dengan tata tertib dan aturan MBKM.

Baca Juga

“Persyaratan umum MBKM diantaranya mahasiswa harus berasal dari prodi yang terakreditasi dan juga harus mahasiswa aktif yang terdaftar dalam PDDikti. Pada MBKM terdapat delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yakni Magang Praktik Kerja, Pertukaran Pelajar, Asistensi Mengajar di satuan pendidikan, Penelitian riset, Proyek kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/proyek Independen, Membangun Desa/kuliah Kerja Praktek Nyata,” jelas Sri dalam rilis yang diterima, Kamis (6/10/2022).

Ia menambahkan, pada proses Magang Praktik Kerja, mahasiswa mendaftar PMMB, selanjutnya mahasiswa akan diseleksi secara administratif dan akademik sesuai dengan mekanisme perusahaan/PT lain, jika lolos seleksi maka, mahasiswa tersebut akan menjalani magang kerja selama 6 bulan hingga 1 tahun (setara 20 atau 40 sks).

“Penilaian proses magang dilakukan oleh dosen pembimbing dan PT bersama pembimbing Industri setelah penilaian lengkap maka mahasiswa akan mendapatkan sertifikat, yang menunjukan bahwa magang diakui industri melalui sertifikat industri. Selanjutnya pihak perguruan tinggi akan melakukan konversi nilai dan pengakuan sks serta diinput didalam KHS (Kartu Hasil Studi) dan juga melaporkan pengakuan sks (rekognisi magang) ke PDDikti,” imbuhnya.

Ia berharap melalui sosialisasi ini mahasiswa dapat membangun pemahaman, skill, profesionalitas, dan attitude mahasiswa. Sehingga lulusan Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif khususnya prodi Sistem Informasi Akuntansi dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri.

"Semoga dengan sosialisasi ini, mahasiswa lebih paham lagi dengan program MBKM dan Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif akan semakin banyak mengirimkan mahasiswa di berbagai program MBKM," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement