Kamis 06 Oct 2022 08:55 WIB

Universitas BSI Gelar Opening Ceremony TSA Program Pandu Muda Indonesia

Pandu Muda Indonesia membantu mendampingi masyarakat dalam literasi digital

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif sukses menyelenggarakan kegiatan Opening Ceremony Talent Scouting Academy (TSA) Program Pandu Muda Indonesia-Pahlawan Muda Digital.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif sukses menyelenggarakan kegiatan Opening Ceremony Talent Scouting Academy (TSA) Program Pandu Muda Indonesia-Pahlawan Muda Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif sukses menyelenggarakan kegiatan Opening Ceremony Talent Scouting Academy (TSA) Program Pandu Muda Indonesia-Pahlawan Muda Digital. Kegiatan ini bertempat di Aula Gedung Rektorat, Universitas BSI, Jalan Kramat Raya No 98 Senen, Jakarta Pusat, yang dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom dan live Youtube Universitas BSI, Senin (3/10/2022).

Program Pandu Muda Indonesia merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), guna mencetak SDM yang memiliki kemampuan untuk jadi pendamping masyarakat dalam literasi digital. TSA sebagai salah satu akademi program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) yang digarap Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, merupakan pelatihan bagi mahasiswa aktif dimana masa atau waktu pelatihannya dikonversi menjadi Satuan Kredit Semester (SKS).

Baca Juga

Acara ini turut dihadiri oleh Ir Hedi M Idris selaku Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Arif Suryanto Putro selaku Ketua Sub Pokja TSA dan Tim TSA, Dr Ir Mochamad Wahyudi selaku Rektor Universitas BSI, Diah Puspitasari selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas BSI, Dewi Ayu Nurwulandari selaku PIC Pandu Indonesia Universitas BSI, Sriyadi selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi serta Instruktur Pandu Muda Indonesia Universitas BSI.

Dewi Ayu Nurwulandari menyampaikan acara ini merupakan puncak pembukaan dari serangkaian acara yang sudah dilakukan. Kegiatan ini dimulai dari Jumat (2/9/2022) silam, yakni dimulai dengan mengadakan sosialisasi yang pertama pada seluruh kaprodi yang ada di Universitas BSI.

“Selanjutnya Kamis (15/9/2022) silam, kami mengadakan sosialisasi kegiatan pada seluruh mahasiswa, kemudian kami membuka program pembukaan pendaftaran kegiatan yang dimulai dari 12 September hingga 23 September 2022. Telah dilaksanakan juga TOT bekerjasama dengan Kominfo untuk 47 dosen yang nantinya akan menjadi Instruktur pada kegiatan Program Pandu Indonesia,” ujar Dewi dalam keterangan rilis, Kamis (6/10/2022).

Ia menambahkan, mahasiswa yang mendaftar di Program Pandu Indonesia ada 1181 mahasiswa. Sedangkan, yang mendaftar di web Kominfo sampai 1 September 2022, ada 699 orang, yang nantinya akan dibagi menjadi 22 kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 32 mahasiswa.

"Kegiatan Program Pandu Indonesia ini akan berlangsung mulai 3 Oktober 2022 hingga 21 November 2022 kurang lebih 12 kali pertemuan dan akan dipandu oleh Instrukturnya masing-masing," paparnya.

Disamping itu, Rektor Universitas BSI Dr Ir Mochamad Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada Kominfo yang sudah bekerjasama dengan Universitas BSI membuat program TSA tahun 2022. Program TSA ini merupakan salah satu Program Pandu Muda Indonesia yang berimplementasi pada MBKM. Kegiatan ini terdiri dari pelatihan Training of Trainer (ToT) untuk dosen Universitas BSI.

“Selamat kepada mahasiswa/i yang mengikuti kegiatan ini dan tentunya saya juga titip pesan pada Bapak/Ibu dosen sebagai trainer atau Instruktur di kegiatan ini untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pada mahasiswa/i ikuti kegiatan ini dengan serius, sebab belajar tidak harus di kampus bahkan banyak mahasiswa yang belajar tidak perlu di kampus, karena mengikuti kegiatan program MBKM,” ujar Wahyudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement