Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Sulit Tidur karena Nyeri Punggung? Coba Redakan dengan Cara Ini

Kamis 06 Oct 2022 01:10 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Susah tidur (Ilustrasi). Nyeri punggung dapat membuat penderitanya sulit tidur.

Susah tidur (Ilustrasi). Nyeri punggung dapat membuat penderitanya sulit tidur.

Foto: Republika/Wihdan
Nyeri punggung dapat membuat orang sulit tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluhan nyeri punggung bisa membuat penderitanya sulit tidur atau harus terbangun dari tidur berkali-kali di malam hari. Bila tak ditangani, kualitas tidur penderita nyeri punggung bisa sangat terganggu.

Situasi ini pula yang pernah dialami oleh fisioterapis spesialis klinis sekaligus direktur Sprint Physiotherapy, Valentina Roffi. Nyeri punggung sempat membuat Roffi merasa kewalahan di malam hari hanya untuk bisa tertidur.

Baca Juga

Kabar baiknya, Roffi menemukan beberapa cara sederhana yang bisa membantunya tidur sekaligus meredakan rasa tidak nyaman akibat nyeri punggung. Berikut ini adalah enam cara tersebut, seperti dilansir The Sun, Rabu (5/10/2022).

Peregangan sebelum tidur

Roffi mengatakan nyeri punggung bagian atas kerap berkaitan dengan masalah postur tubuh. Untuk memperbaiki masalah ini, melakukan sedikit peregangan sebelum tidur bisa membantu. Beberapa peregangan yang dapat dilakukan adalah peregangan di area lengan dan pundak.

"Di malam hari, (tubuh) kita cenderung menjadi kaku karena berbaring dalam posisi statis untuk waktu yang lebih lama, sehingga akan terasa lebih nyeri di malam hari," ungkap Roffi.

Bergerak lebih sering

Olahraga rutin bisa membantu menghalau rasa nyeri yang timbul di tulang belakang, baik itu di area leher, atas punggung, atau bawah punggung. Luangkan waktu di pagi, siang, atau sore hari untuk melakukan rutinitas olahraga.

Bila gerakan olahraga justru memunculkan rasa tidak nyaman, hentikan gerakan tersebut dan coba cari masukan dari tenaga profesional. Fisioterapis bisa memberikan panduan mengenai rutinitas latihan yang sesuai untuk meringankan masalah nyeri punggung yang spesifik.

Ganti matras

Terkadang, nyeri punggung dapat dipicu oleh matras atau kasur yang digunakan saat tidur. Roffi mengungkapkan bahwa tiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Jenis kasur yang cocok untuk satu orang, belum tentu cocok untuk orang lain.

Saat membeli kasur, coba untuk berbaring pada kasur yang dipajang di toko bila memungkinkan. Pilih kasur yang dapat memberikan rasa nyaman.

"Jangan terburu-buru membuat keputusan Anda," kata Roffi.

Manfaatkan topper

Bila mengganti kasur bukan opsi, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat kasur di kamar terasa lebih nyaman ditiduri. Salah satu caranya adalah dengan melapisi kasur dengan mattress topper. Bagi orang yang membutuhkan sokongan lebih kokoh dari kasur, bisa mencoba meletakkan papan kayu di bawah kasur.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA